News  

Dinas Dukcapil Tanah Datar Dinilai oleh Tim UKPP Provinsi Sumbar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Datar Rabu 24/8-2022 kedatangan Tim Penilaian Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka penilaian kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Sumatera Barat. Sebelumnya Dinas Dukcapil Tanah Datar belum lama ini meraih juara III Tingkat Kabupaten dalam penilaian Dinas Dukcapil Kab/Kota Terbaik Se Provinsi Sumatera Barat.

Kini Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar kembali kedatangan tim penilai unit kerja pelayanan publik (UKPP) yang diketuai oleh Prof. DR. Edi Safri, dengan anggota Miko Kamal, SH, PhD, Sawir Pribadi. DR. Ria Ariany, M.Si, Siri Antoni, S.Thi,M.Si, pendamping Igusti Firmansyah, S.Sos, M.A.P, dan Nurman, S.Sos

Pada kunjungan kali ini Tim sangat mengapresiasi progress yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar khususnya dalam perbaikan ruang pelayanan, sistem informasi layanan dan inovasi pelayanan yang telah diterapkan di Kabupaten Tanah Datar seperti inovasi TRISULA DUKCAPIL MEMBAHANA (Tiga Sistem Utama Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membahagiakan Masyarakat Tanah Datar).

Kadis Dukcapil Kab. Tanah Datar, Armen Yudi, dalam paparannya yang didampingi Sekretaris Samsuar, S.Kom dan Kepala Bidang, serta Kabag. Organisasi Setda Kab. Tanah Datar, Irsyad, memaparkan bahwa “Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar selalu berbenah dan memperbaiki diri dan terbukti pada penilaian kali ini kami kembali dipercaya sebagai perwakilan Kab. Tanah Datar dalam penilaian pelayanan publik.

“Pada prinsipnya kami konsisten dengan 3 cara/sistem pelayanan sebagai kebijakan layanan yang afirmatif dan menjangkau semua kalangan masyarakat baik yang melek IT dan tidak melek IT melalui inovasi sistem pelayanan yang kami namakan Trisula Dukcapil Membahana yaitu pertama, pelayanan melalui aplikasi Oase Dukcapil dengan link https://oasedukcapil.tanahdatar.go.id. Kedua,melalui WA ke 08116600678 bagi masyarakat yang melek IT. Sedangkan bagi yang tidak melek IT, kami punya sistem yang ketiga yaitu melalui Petugas Registrasi Nagari (PRN) yang telah kami tetapkan melalui keputusan Bupati sebagai perpanjangan tangan kami untuk melayani masyarakat di 75 nagari Se Kabupaten Tanah Datar, kata Armen Yudi.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar dan Rombongan Kunjungi Kementrian Pertanian

“Khusus untuk penguatan fungsi PRN, kami juga telah mengembangkan teknologi manipulasi jaringan melalui inovasi SD-WAN (Software Define-Wide Area Network) yaitu sebuah teknologi yang dapat menghasilkan koneksi/ akses jaringan berbasis VPN yang aman dan stabil sehingga akses SIAK Terpusat bagi PRN menjadi lancar tanpa kendala, imbuh Armen.

Di akhir acara, Prof. Edi Safri dan tim juga berpesan kepada Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar, “selalu tingkatkan layanan kepada masyarakat, berikan layanan yang membahagiakan masyarakat, jalin kebersamaan dan selalu lakukan pembinaan mental kepada seluruh pegawai bisa dalam bentuk siraman rohani, setor ayat hafalan alqur’an dan sebagainya. Semoga Dukcapil Tanah Datar menjadi yang terbaik diantara yang terbaik, kata Prof. Edi. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600