News  

Dinas Dukcapil Tanah Datar Buat Terobosan Baru Lagi: KTP-e, Buku Nikah dan KK Langsung Diberikan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dinas Dukcapil Tanah Datar membuat terobosan baru bagi khusus untuk pasangan pengantin. Setelah akad nikah, pasangan pengantin memperoleh KTP elektronik, buku nikah, dan KK.

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH, MH yang didampingi isteri, Ibu Patty Rizal Richi Aprian berkesempatan memberikan ‘Salam Kebahagiaan’ (Setelah Akad Langsung Menerima KTP El, Buku Nikah dan Kartu Keluarga, Insya Allah Amanah) kepada pasangan pengantin a.n. Arbi Yonata dan Merry Helfitri pada hari Kamis, tanggal 8 September 2022.

Menurut Kadis Dukcapil Tanah Datar Drs. H. Armen Yudi, M.Si mengatakan Inovasi Salam Kebahagiaan ini merupakan kerjasama antara Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar dengan Kementerian Agama dan Jajaran KUA Se Kabupaten Tanah Datar. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum terhadap status pernikahan pasangan pengantin dari status belum kawin menjadi kawin tercatat.

Dengan inovasi ini, percepatan pemutakhiran data kependudukan untuk mewujudkan database kependudukan yang akurat dan mutakhir dapat tercapai sehingga dapat membantu pemerintah dalam perencanaan pembangunan yang tepat sasaran.

Semoga inovasi yang sudah berjalan sejak tahun lalu ini senantiasa berjalan sebagaimana mestinya, dan kepada masyarakat diminta untuk secara aktif melaporkan perkawinannya kepada Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar dan segera mengganti KK dan KTP-el jika sudah menikah dan/atau mengalami perubahan status, pekerjaan dan tingkat pendidikan, katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email