News  

Dikbud Tanah Datar Bantu Pusat Kajian Budaya di IAIN Batusangkar

Tanah Datar, JurnalMinang.com. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab.Tanah Datar memberikan bantuan berupa buku-buku tentang keminangkabauan untuk pengembangan kajian budaya Minangkabau di kampus IAIN Batusangkar. Buku-buku ini diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Kebudayaan Abrar Mukhlis, SE dan diterima langsung oleh perwakilan dosen IAIN Batusangkar yang juga salah seorang Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) dari Kemendikbud RI Irwan Malin Basa, M.Pd. pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 di kantor Dikbud Tanah Datar di Pagaruyung.

“Buku-buku ini adalah buku langka tentang keminangkabauan yang jarang beredar di pasaran karena sumbernya langsung dikirim dari Pustaka Leiden secara softcopy dan direpro oleh Dikbud Tanah Datar” ujar Abrar ketika diwawancarai oleh media ini. Kampus IAIN Batusangkar diharapkan menjadi mitra kerja dinas Dikbud Tanah Datar sehingga bisa bersinergi melakukan kajian keminangkabauan kedepan. “Sampaikan salam saya pada pak Rektor IAIN yang baru Dr.Marjoni Imamora” ucap Abrar kepada Irwan Malin Basa.

Menjawab hal tersebut, Irwan Malin Basa berjanji akan menyampaikan pesan dan harapan kepada rektor IAIN Batusangkar untuk mengembangkan kajian keminangkabauan di kampus IAIN Batusangkar. “Insya Allah, selama ini kita sudah konsentrasi meneliti dan mendokumentasikan serta menulis tentang keminangkabauan. Saya dan kawan kawan punya visi agar IAIN Batusangkar menjadi pusat kajian budaya Minangkabau di Asia Tenggara” jelas Irwan dalam acara penyerahan bantuan tersebut.

Sumbangan tahap I ini berupa 100 buah buku tentang Minangkabau dan akan dilanjutkan dengan sumbangan tahap II nantinya. Buku-buku ini akan dijadikan koleksi pustaka budaya dan bahasa di UPB IAIN Batusangkar sehingga ada pustaka khusus untuk kajian Minangkabau. Siapapun boleh meminjam buku ini sehingga informasi tentang Minangkabau klasik sekalipun bisa dicari di IAIN Batusangkar. Kedepannya akan dilakukan pembuatan e-book tentang informasi budaya di Tanah Datar dan bekerjasama dengan IAIN Batusangkar.

Baca Juga :  Tim Safari Ramadhan Khusus Kunjungi Nagari Koto Baru, Kec. X Koto

Tentu kerjasama seperti ini sangat diharapkan oleh seluruh pihak sehingga Tanah Datar yang disebut sebagai Luak Nan Tuo benar benar menjadi sumber budaya Minangkabau. Siapapun yang datang ke Batusangkar mencari informasi tentang Minangkabau bisa mendapatkan informasi yang akurat sehingga Tanah Datar dan IAIN Batusangkar semakin dikenal oleh dunia. (HR/red.JM).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600