News

Dikbud dan Kominfo Tanah Datar Akan Siarkan Acara Dialog Budaya Authentic Minangkabau

Tanah Datar, Jurnalminang.Com. News&Web TV. Kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kominfo Kab. Tanah Datar akan menyiarkan secara life sebuah dialog tematik tentang budaya dan agama. Acara yang dikemas dengan tagline Authentic Minangkabau ini akan disiarkan mulai tgl 14 April 2021 pukul 16.00-17.00 wib. Pemirsa bisa menyimak acara ini melalui radio Luak Nan Tuo, Chanel YouTube dan medsos lainnya.

“untuk edisi perdana akan dibahas ragam tradisi Minangkabau dalam menyambut Ramadhan dan bagaimana pula pandangan Islam terhadap tradisi tersebut” ujar Abrar Mukhlis Kabid Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ketika berdiskusi dengan media Jurnalminang.Com beberapa hari yang lalu.

Sebagai narasumber edisi perdana akan dihadirkan Dr. Risman Bustamam, Dt.Tumammat, MA yang merupakan salah seorang dosen Tafsir Hadis di IAIN Batusangkar. Disamping sebagai akademisi Risman Bustamam adalah seorang pemangku adat suku Koto di Nagari Peninjauan. Beliau juga seorang yang pemerhati budaya Minangkabau.

Untuk edisi-edisi berikutnya akan dibahas tema tema terkait budaya seperti pakaian adat Minangkabau, Kuliner Minangkabau, manuskrip atau naskah kuno Minangkabau, Silek dan berbagai ritual Minangkabau lainnya. Pada setiap acara akan dihadirkan narasumber yang kompeten baik dari akademisi, peneliti, praktisi, penggiat budaya dan berbagai profesi yang kompeten terkait bidang yang dibahas.

“kami siap mendukung dan mensukseskan acara ini melalui radio Luak Nan Tuo. Kita sepakat bahwa budaya Minangkabau harus selalu dilestarikan, disampaikan dan diwariskan kepada seluruh generasi muda” jelas Era dari Diskominfo melalui pesan what’s app kepada media Jurnalminang.

Setidaknya acara ini akan ditayangkan sebanyak 26 kali sampai akhir tahun 2021 dengan durasi dua atau tiga kali sebulan. Semoga warisan budaya Minangkabau semakin meresap kedalam seluruh perilaku kehidupan masyarakat Luak Nan Tuo yang dikenal sebagai pusek jalo pumpunan ikan. (Red/Jm).

Related posts

KPUD Tanah Datar Dinilai Kurang Sukses di Pilkada

Admin Jurnal Minang

Irdinansyah Mundur dari Bursa Cabup, Peta Politik Berubah

Admin Jurnal Minang

Bupati Limapuluhkota,Siap Terima Masukan Untuk Kabupaten Yang Lebih Baik

Admin Jurnal Minang