News  

Dibalik Kunjungan Wamen Perdagangan ke Tanah Datar, Siapa Berjasa?

Opini Oleh: Muhammad Intania, SH
Sekretaris LBH Pusako

Terkait dengan lobi dua orang legislator Tanah Datar yang telah menyempatkan diri mengunjungi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Dr. Jerry Sambuaga ke Jakarta di sela sela kunjungan kerja DPRD Tanah Datar pada hari Jum’at, 03 Juni 2022 ( https://jurnalminang.com/daerah-defisit-dua-anggota-dprd-tanah-datar-jemput-bola-ke-kementerianperdagangan/ ) akhirnya berbuah manis dengan kunjungan balasan Wamendag ke Kabupaten Tanah Datar pada hari Selasa, 28 Juni 2022.

Kunjungan Wamendag ke Tanah Datar tersebut disambut dan didampingi oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH. MH bersama dua orang legislator yang melobi tersebut, Dedi Irawan, A.Md dari Fraksi Perjuangan Golkar dan Beni Apero, A.Md dari Fraksi Hanura.

3 (tiga) agenda utama yang dirancang oleh dua orang legislator tersebut bersama berkoordinasi dengan Wakil Bupati Tanah Datar berhasil dilaksanakan selama kunjungan Wamendag di Kabupaten Tanah Datar, yaitu memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, kemudian melanjutkan kunjungan ke Pasar Sungai Tarab di Kecamatan Sungai Tarab serta mengakhiri kunjungan ke Pasar Pandai Sikek di Kecamatan X Koto.

Kuliah umum dilaksanakan di Kampus I UIN Mahmud Yunus Batusangkar mengangkat thema “Peluang dan Tantangan Investasi Crypto dalam Ekosistem Investasi di Indonesia” selama sekitar 1 jam yang juga diisi dengan sesi tanya jawab.

Menurut Humas UIN Mahmud Yunus, Doni Oktarizal, S.E.I menyampaikan bahwa kuliah umum ini bisa terlaksana atas prakarsa dan tawaran dari Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, SH. MH kepada pihak kampus UIN Mahmud Yunus.

Lebih lanjut Humas UIN Mahmud Yunus menyampaikan bahwa Rektor UIN Mahmud Yunus menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wamendag tersebut yang telah berkenan hadir ke kampus UIN Mahmud Yunus dan memberikan wejangan. Juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Tanah Datar yang dapat memfasilitasi upaya pencerahan menambah wawasan kepada mahasiswa UIN Mahmud Yunus.

Baca Juga :  Kredibilitas Manajemen RSUD Padang Panjang Dipertanyakan

Selesai memberikan kuliah umum, Wamendag didampingi Wabup dan 2 legislator bersama rombongan mengunjungi Pasar Sungai Tarab dalam rangka meninjau ketersediaan dan harga bahan pokok sambil melihat kondisi pasar.

Menurut legislator Fraksi Hanura, Beni Apero, A.Md yang merupakan putra asli Sungai Tarab menyampaikan bahwa kunjungan Wamendag ke Pasar Sungai Tarab tersebut juga dalam upaya melakukan lobi lanjutan untuk mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Perdagangan untuk revitalisasi Pasar Sungai Tarab yang sedang diusahakan oleh Fraksi Hanura.

Selesai mengunjungi Pasar Sungai Tarab, Wamendag melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi dan kemudian singgah lagi ke wilayah kabupaten Tanah Datar dengan agenda mengunjungi Pasar Pandai Sikek di Kecamatan X Koto.

Beni Apero, A.Md menyampaikan bahwa revitalisasi Pasar Sungai Tarab dan revitalisasi Pasar Pandai Sikek diusahakan untuk tahun anggaran 2023.

Tim LBH Pusako mengkaji dan menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan usaha 2 legislator Tanah Datar ini untuk “manjuluak” dana pusat. Jadi bukan sekedar PHP dan lips service saja kepada publik, melainkan dibuktikan dengan upaya nyata.

Diharapkan inisiatif dan usaha nyata ini dapat juga ditiru oleh legislator lain seperti legislator dari fraksi Demokrat dan fraksi Gerindra yang notabene sebagai fraksi pendukung pemerintahan Era Baru. Bukankah dulu saat kampanye ada yang bilang akan mudah mendatangkan dana dan investasi dari pusat jika dipercaya jadi penguasa? Faktanya setelah 1 ½ tahun berjalan ini apa?

Menutup tulisan ini, ada sisi menarik lainnya yang dapat kami sampaikan juga. Sebagaimana diketahui bahwa Wamendag Jerry Sambuaga adalah politisi dan kader Partai Golkar. Selama kunjungan Wamendag tersebut ke Tanah Datar, tim LBH Pusako tidak melihat penyambutan dari pengurus partai Golkar Tanah Datar.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Dukung Eksistensi Koperasi Karya Puti Bungsu

Menanggapi ketidakhadiran pengurus Partai Golkar Tanah Datar tersebut, kami menghubungi Anton Yondra, SE, MM pada tanggal 29 Juni 2022 dan meminta kami untuk mengkonfirmasikan hal tersebut ke Pengurus DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat.

Saran tersebut kami anggap janggal karena Wamendag yang kader Golkar tersebut berkunjung ke Tanah Datar, tapi kami diminta untuk konfirmasi ke DPD Golkar Provinsi. Berarti besar kemungkinan tidak ada koordinasi antara DPD Golkar dengan DPC Golkar terkait kunjungan Wamendag tersebut? Dapat dianggap Pengurus DPC Golkar Tanah Datar tidak tahu akan kedatangan kader nasionalnya ke Tanah Datar.

Menanggapi hal tersebut, Anton Yondra, SE, MM belum bisa memberikan komentar dan akan berkoordinasi dengan DPD Golkar Provinsi terlebih dahulu. Namun hingga tulisan ini dirilis, tidak ada kabar selanjutnya dari Anton Yondra, SE, MM.

Sisi menarik lainnya dari kunjungan Wamendag ke Tanah Datar ini tidak pula dipublikasikan di laman IG resmi Pemkab Tanah Datar di @prokopim_tanahdatar. Biasanya setiap kegiatan resmi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar senantiasa dipublikasikan oleh akun IG resmi Pemkab Tanah Datar ini. Kenapa untuk kunjungan pejabat negara sekelas Wakil Menteri ini malah tidak dipublikasikan? Apa karena ketidak hadiran Bupati atau tidak disambut oleh Bupati Tanah Datar? Ah sudah lah. Wallahualam.

Silahkan publik yang cerdas menilai. Dan semoga tulisan ini memberi pencerahan politik bagi kita semua. (*)

Print Friendly, PDF & Email