News  

Demonstrasi 11 April 2022 Di Tanah Datar, Ratusan Mahasiswa Demo di Kantor DPRD Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di seluruh Indonesia menghimbau seluruh mahasiswa untuk bergerak mengeluarkan aspirasinya, juga terjadi di Tanah Datar, Senin 11/4/22.

Para Mahasiswa dan Mahasiswi Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam BEM yang ada di Tanah Datar juga ikut andil melakukan gerakan unjuk rasa yang berlokasi di gedung DPRD Kabupaten Tanah Datar, Pagaruyung. Barisan demonstran ini dikawal oleh aparat kepolisian, Satpol PP dan Damkar, Kodim Tanah Datar dan lainnya.

Aksi yang digelar Mahasiswa tersebut guna menolak penundaan Pemilu 2024, perpanjangan masa jabatan Presiden serta naiknya harga sembako secara drastis (minyak goreng) dan bahan bakar lainnya yang juga turut naik.

Dalam aksi tersebut mereka mendesak DPRD Kabupaten Tanah Datar agar tidak menggunakan hak konstitusinya dalam ikut serta menyetujui amandemen UUD yang mengatur tentang penundaan pemilihan umum dan memperpanjang masa jabatan presiden dalam amandemen DPR RI.

“Kami ingin seluruh wakil rakyat keluar dan mendengarkan aspirasi kami, kami datang bukan untuk anarkis atau melukai wakil rakyat tapi hanya ingin menyampaikan aspirasi kami” ujar demonstran.

Aksi yang merupakan elemen mahasiswa itu diperkirakan lebih kurang 500 orang, dengan tuntutan yaitu 1) mendesak seluruh perhimpunan DPRD Kabupaten Tanah Datar keluar dan mendengarkan aspirasi mahasiswa dan masyarakat. 2). Mendesak DPRD Kabupaten Tanah Datar untuk tidak ikut serta dan menolak dalam pengesahan amandemen penundaan pemilu dan perpanjangan massa jabatan presiden. 3).Mendesak penjelasan sembako yang naik secara tak terkontrol.

Demonstrasi berakhir damai dan tidak ada tindakan anarkis yang terjadi. Seluruh aparat bekerjasama dengan baik untuk mengawasi jalannya demo ini. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600