News  

DEMA IAIN Batusangkar Gelar Seminar Sambut Ramadhan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV –Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun 1443 H/2022 M, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar lakukan Webinar Nasional secara Zoom, dengan menghadirkan pemateri Prof. Dr. Irwan Prayitno, M. Sc, Gubernur Sumatera Barat Periode 2010-2020, dan Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, Rabu/30/03-2022.

Kegiatan Webinar Nasional ini mengambil tema “Ramadhan: 30-day to Self-Improvement” Seperti yang dilansir oleh ketua DEMA, Dzavi Zain bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada mahasiswa bahwa bulan Ramadhan bisa dijadikan sebagai bulan peningkatan kualitas diri baik yang berhubungan dengan spiritual, pengetahuan, maupun social.

Pada sesi 1 Prof. Irwan Prayitno, M.Sc yang juga sebagai Rektor Universitas Adzkia Sumater Barat membentangkan makalahnya secara zoom tentang Ramadhan sebagai momentum peningkatan kualitas diri.
Lebih jauh Prof Irwan Prayitno mengungkapka bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan Training & Development yang bisa mengupgrade motivasi, spiritual, loyalitas, dan disiplin. Kurikulum yang sudah disiapkan mencakup Sholat wajib, Puasa, Sholat tarawih, Tilawah Al quran, I’tikaf, Zakat, dan ibadah sosial lainnya, ceramah yang mampu memukau lebih kurang 500 peserta.

Sementara itu pada sesi kedua, bertindak sebagai pembicara, Dr. Marjoni Imamora, M. Sc Rektor IAIN Batusangkkar, secara jelas menyampaikan ada tiga hal yang dilatih selama bulan Ramadhan dalam rangka self-Improvement yaitu (1) mengendalikan hawa nafsu (2) bersedekah & berbagi (3) menjaga silaturrahim.
Dari ketiga hal diatas kita akan mendapatkan Kemenangan demi kemengan selama bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan hadir ditengah-tengah kita, untuk itu mari kita sambut bulan yang penuh ampunan ini dengan perbanyak beribah kepada Allah SWT“ tutup Marjoni”.

Baca Juga :  Wisata Nagari Pariangan Akhirnya Masuk TOP 50 ADWI 2022

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengungkapkan bahwa kita bulan Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan yang spesial dimana 2 tahun sebelumnya mahasiswa tidak bisa melaksanakan kegiatan lebih leluasa karena Pandemi Covid 19 yang melanda negeri ini.

Lebih lanjut munir mengatakan kegiatan Webinar kali ini merupakan pintu gerbang bagi mahasiswa untuk memahami apa yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan agar terbentuk pribadi mahasiswa yang berkualitas, peduli terhadap sesama, dan berempati kepada orang-orang yang membutuhkan. Insya Allah beberapa UKM, HMJ juga sudah menyiapkan kegitan baik dalam bentuk pegingkatan kualitas diri maupun program caring & sharing. (dO/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600