News  

Bupati Tanah Datar Resmikan Sasaran Silek di Nagari Batu Taba

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM meresmikan sasaran silek ‘Junguik Sati’ di Nagari Batu Taba, Minggu 28 November 2021. Acara dihadiri oleh ratusan tamu dan undangan dari berbagai pihak. Turut hadir Kadis Parpora Abdul Hakim, SH, anggota DPRD Tanah Datar Syafril SH, Kabid Dan Kasi Kebudayaan Abrar Mukhlis, SE dan Masrizal, Kepala BPNB Sumbar, Camat, Kapolsek, Dosen dosen ISI Padang Panjang, pendamping budaya kab. Tanah Datar Rahma Dewi, TACB Irwan Malin Basa, Daya Budaya Desa, ketua KAN Batu Taba Basrizal Dt. Panghulu Basa, para wali nagari, dll.

“saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini. Sasaran silek yang sudah hampir 30 tahun vakum, bisa aktif kembali. Ini harus kita dukung terus menerus dan jangan berhenti sampai disini. Kita dari pemerintah daerah juga sudah siapkan anggaran untuk membuat satu nagari satu even” urai Eka Putra dalam sambutannya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Daya Budaya Desa, Dukungan Management pertunjukan Seni dari ISI Padang Panjang serta semangat yang luar biasa dari seluruh masyarakat nagari Batu Taba. Tetua silek mau turun tangan untuk mengajarkan silek Langkah Ampek kepada pemuda pemudi yang ingin belajar.

Bupati meresmikan sasaran ini sambil membuka tirai papan nama sasaran silek di rumah yang sudah cukup tua namun eksotis. Ketika papan merek dibuka, diiringi dengan dentuman meriam bambu atau Badia batuang oleh masyarakat setempat.

Di lokasi acara dipenuhi dengan tampilan pedagang kuliner tradisional khas Batu Taba seperti gulai pensi, randang pensi, karupuak kuah, onde onde dan lain sebagainya.

Bupati Eka Putra sempat mencicipi karupuak kuah yang diambil sendiri. Kemudian diakhiri dengan berbagai diskusi seputar kebudayaan, pariwisata, pembangunan nagari termasuk capaian vaksin di daerah setempat.

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Sabet 20 Medali di Ajang PKM PTKIN se-Sumatera

Sebelum pulang ke Batusangkar Eka putra beserta rombongan menunaikan sholat magrib berjamaah di mesjid Batu Taba yang diimami langsung oleh Ketua KAN Batu Taba Basrizal, Dt. Panghulu Basa. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email