News  

Bupati Tanah Datar Resmikan Pasar Nagari Sumanik

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM Selasa (15/02/2022) meresmikan pasar rakyat balai Akok Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar,Forkopimda, perantau, Camat Salimpaung, Wali Nagari se Salimpaung, Wali Nagari Sumanik, Ketua KAN Sumanik, Ketua BPRN Sumanik, Wali Jorong se Sumanik, Bundo Kandung serta tokoh masyarakat Sumanik dan generasi muda Sumanik.

Wali Nagari Sumanik Irama Yandi.S.Ap dalam sambutannya menyampaikan, peresmian pasar rakyat Balai Akoak Nagari Sumanik merupakan kebanggan masyarakat Sumanik, dimana yang sudah lama kami idamkan-idamkan.

Pemerintahan nagari tahun 2020 lalu membuat proposal untuk bangunan pasar ke Pemda melalui Dinas Koperindag Tanah Datar, Alhamdulillah berkat kerjasama dan perjuangan pemerintah daerah ke pusat dikabulkan membangun pasar rakyat yang gagah dan sejuk.

Irama Yandi pun sampaikan terimakasihnya kepada pemerintah daerah yang telah berjuang dalam membangun pasar rakyat dan dikabulkan oleh kementerian perdagangan RI, dimana dalam 100 hari selesai tanpa ada kendala, semoga dapat kami mamfaatkan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat nagari Sumanik.

Kadis Koperindag Tanah Datar  Darfizar, SE, MM melaporkan bahwa dalam kegiatan pembangunan pasar rakyat Sumanik sesuai dengan waktu, dan tidak ada kendala, bangunan tersebut lengkap, ada tempat ibadah, WC,vruang tera ulang, kantor pengurus pasar, dan kios-kios,  sehingga harapan kita nanti bisa meraih sartifikar SNI.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya mengatakan pasar rakyat sangat penting bagi masyarakat, Pemda tetap berupaya merubah bagaimana keberadaan pasar rakyat dari becek, kotor, bisa segar dan indah.

Keberadaan pasar nagari selama ini mungkin becek, tidak teratur, sehingga kenyamanan tidak ada, kini diubah dan ditata semaksimal mungkin, sebut Bupati.

Baca Juga :  RSUD Batusangkar Luncurkan Berbagai Inovasi untuk Tingkatkan Pelayanan

Eka Putra sebutkan dengan selesainya pasar rakyat balai Okok Sumanik masyarakat dapat memanfaatkannya, sehingga transaksi jual beli meningkat, apalagi pasar ini bukan transaksi dari Sumanik saja bahkan dari luar Sumanik.

Harapan Bupati, mari jaga pasar dengan baik, jangan ada perebutan kios kios, ciptakan pengelolaan pasar yang baik dan tolong atur semaksimal mungkin oleh wali nagari.

Disisi lain kata Bupati,  dengan adanya pasar, UMKM kita pun meningkat dengan tujuan berantas rentenir, bagaimana rentenir hilang di Sumanik, Insyaallah Pemda siap berantas rentenir.

Eka Putra pun sebut dalam meramaikan pasar rakyat Sumanik pad hari Minggu, para masyarakat berolahraga sepeda di Batusangkar arahkan rutenya ke pasar ini sambil berbelanja atau bersarapan pagi.

Ketua IKatan Perantau Sumanik Bukittinggi juga berharap pasar rakyat Sumanik dapat diramaikan oleh para perantau pulang kampung, Insyaallah kita akan sosialisasikan pasar rakyat kita telah sejuk, nyaman dan indah, dan mudah-mudahan kedepan ekonomi masyarakat Sumanik meningkat. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600