Bupati Tanah Datar Launching Nagari Cubadak Sebagai Percontohan Nagari Statistik

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Guna memajukan Nagari dalam segi data, Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM luncurkan Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum sebagai Nagari statistik percontohan dari sebanyak 75 nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Bupati menyebut, dengan dijadikannya Nagari Cubadak menjadi statistik percontohan dapat mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan di Kabupaten Tanah Datar.

“Untuk memperoleh data tersebut sangat diperlukan perbaikan tata kelola data, mulai dari pemerintahan terdepan yakni nagari dan kecamatan dengan harapan akan menghasilkan data Kabupaten Tanah Datar menuju Satu Data Indonesia” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan Nagari Statistik juga sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah Indonesia sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Bupati juga sangat mendukung dan mendorong nagari-nagari lainnya di Tanah Datar untuk menjadi nagari percontohan statistik sejalan dengan program unggulan daerah “Tanah Datar Diujung Jari”.

“Untuk itu diharapkan kepada nagari untuk dapat melakukan pemutakhiran data setiap saat, hingga tersedia profil nagari secara aktual sehingga mampu menghasilkan data yang valid,” kata Bupati.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar, Yusrizal mengatakan ditetapkannya Nagari Cubadak sebagai nagari statistik percontohan dengan memperhatikan kesiapan nagari tersebut dari berbagi aspek.

Seperti aspek leadership, aspek antusiasme, potensi wilayah, infrastruktur, jaringan atau akses internet, dan tapal batas wilayah.

Kegiatan nagari statistik juga bertujuan untuk membentuk nagari menjadi nagari statistik di Kabupaten Tanah Datar dan menjadikan nagari sebagai miniatur penyelenggara statistik dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Wali Nagari Cubadak yang telah kurang lebih dua tahun menyiapkan diri menjadi nagari percontohan di Tanah Datar ini,” katanya.

Baca Juga :  Fraksi-Fraksi di DPRD Tanah Datar Berikan Pandangan Umum Terhadap Tiga Ranperda

Kepala Dinas Kominfotik Sumatera Barat yang diwakili Oni Fajar Syahdi, mengatakan nagari statistik merupakan terobosan dari Dinas Kominfotik Sumatera Barat yang pertama kali diluncurkan di Kabupeten Dharmasraya pada Tahun 2019 dan direplika ke Kabupaten lainnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600