News  

Bupati Tanah Datar Instruksikan Seluruh OPD Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar, Eka Putra menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, hingga wali Nagari di daerah itu agar mensukseskan Sensus Penduduk 2020 lanjutan atau disebut dengan sensus penduduk “long form” 2020.

Dukungan terhadap mensukseskan sensus penduduk tersebut tertulis dalam Himbauan Bupati Nomor :130/501/PEPEMPEM-2022.

Dalam himbauan tersebut dijelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 lanjutan secara serentak pada tanggal 15 Mei- 30 Juni 2022.

Pendataan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan meliput 8.048 rumah tangga sampel yang tersebar di 503 blok sensus di seluruh wilayan Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah petugas sebanyak 149 orang.

Dengan menyesuaikan kondisi pundemi dan wilayah penyebaran sampel, maka Sensus Penduduk Lanjutan 2020 akan dilaksanakan dengan cara wawancara menggunakan gawai atau Computer Assisted Personal Intervicuing (CAPI), serta petugas sensus mengenakan Alat Pelindung Din (APD) dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Hasil Sensus Penduduk Lanjutan 2020 sangat strategis untuk menghasilkan satu data kependudukan Indonesia sebagai benchmark indikator kependudukan Indonesia, potret demografi Indonesia setelah melewati gelombang ke-2 Pandemi COVID-19.

Serta evaluasi capaian pembangunan di bidang kependudukan pada Sustainable Development Goals (SDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pemerintah Nasional (RPJMN) serta dasar penentuan kebijakan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Berkenaan dengan hal tersebut, diminta kepada saudara untuk mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk Lanjutan 2020 dengan melaksanakan koordinasi dengan BPS Kabupaten Tanah Datar.

Untuk mensosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk Lanjutan kepada seluruh jajaran tokoh masyarakat dan Lembaga kemasyarakatan sesuai dengan kewenangan Saudara. Bahan sosialisasi dapat diakses pada link http //s.bps.go.id /publisitassp2020 lanjutan.

Baca Juga :  SMPN 1 Batusangkar Raih Juara III pada Lomba Cerdas Cermat tingkat Sumbar

Serta mendorong partisipasi aktif seluruh rumah tangga terkena sampel di wilayah masing-masing untuk menerima kedatangan petugas sensus BPS dan memberikan jawaban yang benar Jan jujur atas pertanyaan yang diberikan. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600