Bupati Tanah Datar Ingatkan Seluruh OPD Agar Bekerja Lebih Maksimal

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM ingatkan Organisasi Perangkat Daerah untuk serius dalam bekerja, kompak dan saling mendukung satu sama lain. Jangan ada ego, saling menghargai mulai dari staf, pejabat eselon IV, III hingga Kepala Dinas.

“Kita Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus punya target, dan lakukan langkah-langkah strategis dalam upaya percepatan pembangunan daerah dan percepatan realisasi belanja daerah sehingga dipenghujung tahun realisasinya tercapai,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menyebut, sudah hampir di penghujung tahun namun masih ada beberapa OPD yang masih rendah realisasi keuangannya, namun bukan berarti itu kinerja OPD tersebut jelek melainkan disebabkan oleh beberapa faktor.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra ketika memimpin rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) triwulan III tahun anggaran 2022 dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Kantor Bupati setempat, Jumat (04/11).

Dari pertumbuhan ekonomi, diakui Bupati Eka Putra berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Datar cukup baik, OPD juga harus punya data yang sesuai sehingga dalam pelaporan bisa dipertanggungjawabkan.

Terkait pembangunan fisik, disinggung Bupati Eka Putra kalau yang teknis bisa dilaksanakan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) sehingga hal-hal yang akan menyebabkan keterlambatan kegiatan bisa diantisipasi.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH jika rekanan yang akan melaksanakan pekerjaan fisik agar dicek qualified atau tidaknya, sehingga tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan.

“Kita juga harus perhatikan terutama bagian Administrasi Pembangunan (AP) agar rekanan yang mendapatkan pekerjaan itu qualified apalagi jika pekerjaan lebih dari satu kegiatan yang dikerjakan,” ujarnya.

Wabup juga sebut jika HKTI pusat tertarik dan apresiasi Program Unggulan (Progul) Bajak Gratis di Tanah Datar, ketika dirinya melaporkan progul bajak gratis pada saat zoom meeting beberapa waktu sebelumnya.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Digelar, Bupati Tanah Datar Berikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi

Kabag Administrasi Pembangunan (AP) Ten Feri melaporkan jika monev tersebut merupakan triwulan III pada tahun anggaran 2022 dan sebagai evaluasi percepatan realisasi keuangan dan fisik kegiatan di penghujung tahun ini.

“Untuk realisasi fisik dan keuangan kegiatan di OPD hampir seluruhnya sudah jauh di atas 50% namun masih ada di beberapa OPD yang masih perlu dikebut dan itu bukan dari kinerja OPD nya, namun itu ada dari rekanan yang masih belum menyelesaikan pekerjaan dan kendala lain dilapangan ditambah lagi kegiatan tambahan pada anggaran perubahan,” sebutnya.

Turut hadir saat monev tersebut Sekretaris Daerah selaku moderator, Asisten Setda Tanah Datar, Staf Akhli Bupati, Tim TP2KP2 dan undangan lainnya. (KD/Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600