Bupati Tanah Datar Hadiri ‘Nagari Sungayang Baralek Gadang’ Malewakan Penghulu

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar baralek gadang. Sebanyak 13 Niniak Mamak dari beberapa suku dilewakan di Balai Kerapatan Adat Nagari setempat pada Sabtu, (26/11/2022). Mereka adalah Niniak Mamak dari suku Kutianyir, suku Melayu Mandailing, suku Piliang, dan suku Chaniago.

Baralek batagak gala niniak mamak Nagari Sungayang tahun 2022 tersebut turut dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM. Bupati menyampaikan selamat kepada niniak mamak yang terpilih, dan terimakasih pada seluruh unsur masyarakat atas terselenggaranya baralek pangulu di Nagari Sungayang.

Ketua KAN Sungayang Yuhelman Dt. Malano Nan Kuniang menyampaikan baralek gadang tagak pangulu di Nagari Sungayang mula dilaksanakan pada tahun 1976 yang diikuti 28 niniak mamak, pada th 1992 sebanyak 13 niniak mamak dan th 2009 sebanyak 11 orang.

“Dan pada tahun ini sebanyak 13 niniak mamak dari suku Kutianyir, Malayu-Mandahiling, Piliang, Chaniago,” katanya.

Ia berpesan kepada Niniak Mamak terpilih atau yang telah melaksanakan sumpah untuk dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas. Ia juga berharap kepada Niniak Mamak yang berada di perantauan yang dipercaya jadi tuo kampuang untuk tetap menjaga komunikasi dengan anak kamanakan.

“Kami mengharapkan niniak mamak terpilih untuk melaksanakan tugas baik yang ada di rantau untuk tetap komunikasi yang intensif bersama masyarakat sehingga silaturahmi kita tetap terjaga,” ujarnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email