Bupati Tanah Datar Dukung Program Literasi Ekonomi Syariah

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM mendukung Bank Nagari dalam adanya literasi dan ekonomi keuangan syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Tanah Datar.

“Kami mendukung bersama DPRD, tentunya kami memandang kegiatan ini sangat strategis dan menyatukan persepsi masyarakat tentang keuangan syariah melalui edukasi dan literasi ini,” kata Bupati Eka Putra saat membuka secara resmi acara Literasi dan Ekonomi Keuangan Syariah yang Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Emersia Hotel Batusangkar Rabu, (7/9/2022).

Bupati mengatakan, dengan adanya literasi keuangan syariah tersebut kedepannya masyarakat akan semakin paham tentang keuangan syariah sehingga dapat bertransaksi secara syariah serta diharapkan akan menghasilkan produk dan jasa yang halal.

Apabila masyarakat sudah paham bertransaksi secara syariah maka dengan sendirinya perbankan syariah akan semakin berkembang di Sumatera Barat dan Tanah Datar khusunya.

Bupati melanjutkan, dalam mendukung kegiatan ekonomi syariah di Tanah Datar, saat ini di Tanah Datar sudah mempunyai beberapa Bank Nagari Syariah yang dibantu dengan layanan syariah di masing-masing kantor konvensional di masing-masing cabang serta juga didukung oleh beberapa layanan syariah lainnya seperti koperasi syariah.

Pemkab Tanah Datar juga sepakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengkonversi Bank Nagari menjadi badan usaha syariah seperti yang diamanahkan pada hasil rapat umum pemegang saham luar biasanya 23 juli 2021 di Bukittinggi.

“Namun, Pemeritah Kabupaten Tanah Datar saat ini masih menunggu penumbuhan mekanisme dan payung hukum sehingga kita taat azas,” jelas Bupati.

Panitia Pelaksana yang juga pimpinan cabang Bank Ngari Batusangkar Fauzan, mengatakan adanya literasi ekonomi dan keuangan syarai ini diharapkan menambah pemahaman kita dalam mengetahui keuangan secara syariah khusunya di Tanah Datar.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Monitoring Pelaksanaan Proyek Fisik yang Sedang Berjalan

“Kami dari Bank Nagari saat ini sudah mempunyai keungan syariah dan sudah mempunyai lima kantor cabang bank syariah serta cabang pembantu yang menjalankan transaksi keuangan secara syariah yang ada di kantor cabang konvensional,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email