News  

Bupati Resmikan Homestay ‘Macau Duo’ di Guguak Malalo

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar Hendri Agung Indrianto meresmikan Homestay Syariah Macau Duo Guguak Malalo yang merupakan Badan Usaha Milik Dusun Kanter Leans Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan.

Pembukaan homestay syariah itu juga dihadiri Ketua Masata Sumbar Joni Mardianto S,S,M.Par, perantau dan Ninik mamak Nagari Guguak Malalo, Wali Nagari bersama unsur pemuda Nagari Guguk Malalo. Tidak itu saja acara tersebut juga diiringi dengan penampilan atraksi kesenian serta atraksi atlit paralayang yang berpakaian adat Minang terbang melayang di atas Danau Singkarak.

Ketua BUMD Kanter Lens Suherman Malin menyebutkan home stay yang diresmikan ini awalnya dimulai dari rapat bersama warga dusun Kanang Tarok dan Alahan Sabatang Jorong Guguk Nagari Guguk Malalo yang diikuti sebanyak 200 orang. Tujuannya untuk membenahi perekonomian masyarakat khususnya dusun Kanang Tarok dan Alahan Sabatang.

Dari kesepakatan itu mulailah dibenahi administrasi keuangan dusun dengan menjadikan semua administrasi keuangan satu pintu dan mengumpulkan investasi masyarakat yang berada di kampung dan di perantauan. Lalu dibuka unit usaha heller untuk mengelola padi yang ada di dusun untuk dijadikan beras berkualitas dan dijual kepada perantau.

“Terakhir melalui kebersamaan yang terbangun kemudian kami membangun home stay untuk usaha pariwisata dengan nama Macau Duo Home stay, Macau Duo Kuliener, Souvenir dan paket wisata.

Karena itulah kami juga sangat mengharapkan dukungan Pemda Tanahdatar melalui Kadis Pariwisata untuk ikut mempromosikan dan membantu pengembangan pariwisata ini, termasuk memberikan pembinaan dan pelatihan bidang kepariwisataan kepada pemuda Dusun dusun Kanang Tarok dan Alahan sabatang sehingga pemuda dan masyarakat kami bisa trampil,” ujar Suherman Malin.

Baca Juga :  Wabup Richi Aprian Bagikan Bendera Merah Putih untuk Dukung Gerakan 10 juta Bendera

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar Henri Agung Indrianto menyampaikan apresiasi atas dibukanya Homestay Syariah Macau Duo Guguak Malalo oleh Badan Usaha Milik Dusun Kanter Leans. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600