Bupati Hadiri Khatam Quran dan Wisuda Iqra’ di Tanjung Bonai

Lintau Buo Utara, Jurnal Minang.com. Bupati Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan akan mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan masyarakat.”Khatam Al Qur’an merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang sejalan dengan Program Unggulan Pemerintah Daerah Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah,” kata Bupati Eka Putra, Minggu (18/6/2023) pada Perayaan Khatam Alquran, Wisuda Iqra dan Khatam Lansia di Mushalla Istiqamah Tabek Akiang Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara.

Dikatakan Bupati, khatam Al Qur’an dan Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah diharapkan mampu melahirkan generasi cinta Al Qur’an yang mengaplikasikan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Jadi, dengan lahirnya para hafizh atau hafizah yang merupakan penghafal Al Qur’an, akan mampu membentengi diri dari pengaruh negatif, dan mimpi Saya setidaknya separuh masyarakat 15 sampai 20 tahun mendatang adalah para penghafal Al Qur’an, sehingga semua lini kehidupan, mulai dari Kepala Jorong sampai Bupati adalah para penghafal Al Qur’an,” harap Eka.
Bupati Eka Putra juga mengajak masyarakat yang hadir untuk memanfaatkan secara maksimal berbagai Program Unggulan (Progul) yang dicanangkan dan dilaksanakan Pemerintah Daerah yang tujuannya adalah menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Tanah Datar.

“Kita telah melaksanakan Program Biaya Bajak Sawah secara gratis, kemudian ada juga Asuransi Padi dan Asuransi Ternak, serta yang tak kalah bagusnya adalah Program Makan Rendang di Tanah Datar yakni Program Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar hilang di Tanah Datar,” sampainya.

Untuk Program Makan Rendang, Bupati Eka Putra mengungkapkan Program ini berbentuk pinjaman atau pembiayaan kepada masyarakat untuk mengembangkan usahanya, tanpa agunan, hanya membebankan biaya administrasi dengan jangka waktu pengembalian 24 bulan atau 2 tahun.

Baca Juga :  Info Penting! PKDP Kabupaten Tanah Datar Akan Gelar Halal Bihalal

“Program ini sengaja diluncurkan sebagai bentuk usaha pemerintah menghindarkan masyarakat dari jeraratan pinjaman rentenir yang sangat mencekik masyarakat. Silahkan manfaatkan program ini karenanya dananya ada di Bank Nagari dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah tergantung besar usaha yang dilakukan masyarakat yang meminjam,” sampainya.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) di 54 Nagari di Tanah Datar, Bupati Eka Putra berharap Pilwana terlaksana secara aman dan damai dengan mengendepankan Pilwana Badunsanak.

“Laksanakan pesta demokrasi dengan baik dengan menyalurkan hak suara kepada pilihan masing-masing, jangan terpecah belah karena perbedaan pilihan dan dukungan,” tukasnya.

Ketua Pelaksana Rivaldi menyampaikan terima kasih atas luangan waktu Bupati Tanah Datar bersama rombongan untuk menghadiri kegiatan yang dilaksanakan.

“Alhamdulillah, di tengah kesibukan pak Bupati Eka Putra, beliau masih menyempatkan diri untuk hadir. Dan pak Eka Putra adalah Bupati pertama yang hadir di mushalla Istaqamah ini, terima kasih pak, ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi kami dan kami doakan Bapak bersama keluarga sehat selalu dan sukses dalam karir,” sampainya.

Rivaldi menambahkan, pelaksanaan kegiatan perayaan Wisuda dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai hari kemarin dengan pelaksanaan pawai, tabligh akbar dan nanti akan dilaksanakan salawaik dulang.

“Alhamdulillah, kegiatan khatam Al Qur’an diikuti 14 santri/santriwan, Wisuda Iqra 9 orang dan khatam Lansia sebanyak 7 orang berjalan sukses, terima kasih atas dukungan pak Bupati, donatur dan masyarakat serta semua pihak lainnya,” sampai Rivaldi. (Kasdi Ray/Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email