Bupati Eka Putra Terima Calon Investor Pengelolaan Panas Bumi di Tanah Datar

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Menindaklanjuti pertemuan dengan investor PT. Hitay Balai Kaba Energy merupakan perusahaan Turkey, yang bergerak pada Energi Panas Bumi yang dihadiri Business Development Director Remzi Caner Yilmaz didampingi Senior Earth Scientist Tri Martha Kusuma Putra, Selasa (1/11/2022) di Grand Hyatt Hotel Jakarta. Maka pada Kamis 10/11-2022 Bupati Tanah Datar Eka Putra menjamu investor tersebut di gedung Indo Jolito Batusangkar.

Hal itu dilakukan Kabupaten Tanah Datar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dengan melahirkan Program Unggulan (Progul), merangkul dan memaksimalkan perantau, sampai dengan membuka pintu bagi para investor untuk berinvestasi di Tanah Datar.

Dikatakan Caner melalui terjemahan dan ekspos oleh Senior Earth Scientist Tri Martha Kusuma Putra, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bupati bersama rombongan untuk audiensi dan mendengarkan paparan dari PT. Hitay.

“Terima kasih pak Bupati atas kehadirannya dan audiensi bersama kami PT. Hitay yang mempunyai bidang usaha Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, ” sampainya.

“Pada tahun 2019, PT. Hitay menerima Penugasan Survey Pendahuluan dan Ekplorasi (PSPE), namun akibat pandemi terjadi penghentian sementara dan 2022 telah dimulai kembali. Insya Allah akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan di kawasan Gunung Tandikek Kecamatan X Koto dengan potensi panas bumi unit 1 sebesar 20 MWe,” terangnya.

Dalam PSPE, tambahnya, akan dilaksanakan kegiatan eksplorasi yakni Survey Geosains detil, pengeboran eksplorasi dan pengeboran pengembangan. Kemudian juga kegiatan studi kelayakan yakni, penilaian dampak lingkungan, studi kelayakan pembangkit listrik, uji buangan, penilaian reservoir dan studi serta uji lainnya.

“Kita Survei Topografi untuk merencanakan infrastruktur penunjang eksplorasi dan melakukan evaluasi terhadap fasilitas yang telah ada seperti jalan, jembatan, suplai air dan sebagainya. Kita juga akan bangun konstruksi dan infrastruktur difokuskan untuk pembangunan jalan lebih kurang 4,5 km dan jembatan untuk akses kegiatan pengeboran eksplorasi serta beberapa kegiatan lainnya,” ujarnya

Bupati Eka Putra menyambut baik rencana pelaksanaan PSPE PT. Hitay Balai Kaba Energy di kawasan Gunung Tandikek yang berada di kawasan Tanah Datar

Baca Juga :  Untuk Dapatkan Kata Sepakat, DSPPKBPPA Padang Panjang Gelar Rakor PUG

“Kita menyambut baik rencana PT. Hitay yang akan mengolah panas bumi di Tanah Datar sehingga mampu menjadi sumber energi listrik, namun tentunya diminta dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan aturan berlaku,” katanya.

Dengan kehadiran investor di Tanah Datar Bupati Eka menilai PT. Hitay cukup serius melaksanakan aktivitas di Tanah Datar, ujarny. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600