News  

Bupati Eka Putra Sambut Secara Khusus Jamaah Haji Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sebanyak 110 orang Jemaah Haji asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat kembali dengan selamat. Kepulangan mereka disambut khusus oleh Bupati Eka Putra SE. MM di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Minggu, (24/7/2022).

Bupati menyampaikan, pertemuan tersebut baginya adalah kebahagiaan tersendiri, karena sewaktu keberangkatan haji ia tengah melaksanakan tugas luar kota dan tidak bisa bertatapan langsung dengan jemaah haji.

Meskipun demikian, Bupati selalu mendoakan jemaah haji Tanah Datar agar selalu diberi kekuatan dan kesehatan dalam melaksanakan ibadah haji.

“Pertemuan ini bagi kami adalah suatu kebahagiaan sendiri, dulu sewaktu keberangkatan saya dalam melaksanakan tugas luar, tapi saat ini saya merasa bangga bisa bertemu dan bertatapan langsung dengan bapak ibuk,” kata Bupati.

Bupati menyampaikan, penyambutan dan syukuran ini bukanlah hal seremonial semata, jauh saat jemaah haji asal Tanah Datar yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) dua mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Pemerintah Daerah telah telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Agama (Kemenag).

Namun karena mempertimbangkan kondisi kesehatan, fisik, dan hal lainnya penyambutan jemaah haji diundur pada minggu berikutnya.

“Saat bapak dan ibuk mendarat di Bandara Internasional Minangkabau saya dan kemenag sudah berembuk. Pak Kemenag menyampaikan bahwa jemaah ini kalau pulang haji yang paling dirindukan adalah keluarganya, dan saya juga pahami itu, akhirnya saya sampaikan pesan ke Kabag Kesra bahwa kami akan menyambut khusus jemaah haji pada berikutnya,” kata Bupati.

Lebih lanjut, bupati juga mengucapkan maaf andai kata pada pelaksanaan haji tahun 2022 ini ada yang kurang berkenan dan tidak terlayani dengan baik.

“Kami berharap kepada jemaah haji agar membawa nilai-nilai Islam di tengah tengah masyarakat serta jemaah haji harus menjadi tauladan dengan membawa insan yang berakhlakul karimah,”

Baca Juga :  Pejabat Era Baru: Antara Good Governance dan "Takok Takok Manggih"

“Juga kepada pihak terkait kami mengucapkan terimakasih telah membantu masyarakat Tanah Datar dalam melaksanakan ibadah haji. Harapan kami pada tahun 2023 lebih banyak lagi jemaah haji yang bisa kita berangkatkan,” sambungnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar Syahrul dalam laporannya mengatakan bahwa jemaah haji yang berangkat tahun ini adalah kuota rencana 2020 yang tertunda.

Pada pemberangkatan tahun ini, Tanah Datar tergabung dalam kloter 2 bersama Kota Bukittinggi, Kabupaten dan kota Padang Pariaman, dan kota Padang.

“Harapan kami mari kita syukuri dan kita nikmati apa yang telah kita alami, apa yang kita hadapi, dimulai dari lingkaran keluarga, tetangga, dan masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara salah seorang perwakilan jamaah haji Tanah Datar menyampaikan kesan kesannya dan ucapan terimakasih dari seluruh jamah haji kepada Pemda Tanah Datar yang telah menfasilitasi dimulai dari pemberangkatan sampai kepulangan.

“Tentu ini sebuah perjuangan yang luar biasa yang diberikan pemerintah daerah kepada kami,” ujarnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada kemenag Tanah Datar dalam mempersiapkan keberangkatan dari waktu yang sangat singkat.

“Kami juga sangat bersyukur, karena pelaksanaan haji pada tahun ini sangat luar biasa, hampir tidak ada kesulitan yang kami alami,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600