News  

Bupati Eka Putra Paparkan Progul, Wamentan Beri Apresiasi

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra memaparkan Program Unggulan (Progul) Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar kepada Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (Wamentan RI), Ir. Harvick Hasnul Qolbi di Indo Julito Batusangkar, Sabtu 13 Agustus 2022.

Eka Putra menyebutkan, progul Eka Putra-Richi Aprian ini dalam rangka meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat Tanah Datar.

Program unggulan yang “digadang” Pemda Tanah Datar yang sangat menyentuh lapisan bawah termasuk bidang pertanian diharapkan nantinya akan berpengaruh besar kepada peningkatan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pemerintah Daerah Tanah Datar bersinergi dengan Pemerintah Pusat melalui Dinas Pertanian setempat telah melaksanakan Program Unggulan Bajak Gratis dan Asuransi Ternak serta Asuransi Tanaman Padi yang telah dilaksanakan di berbagai Nagari dan jorong di Tanah Datar.

Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, Progul Bajak Gratis ditargetkan 4200 Hektare lahan pertanian akan direalisasikan  pada tahun ini, dan 2000 Ekor Sapi/Kerbau telah dilakukan “eartag”nya kepada ternak sebagai indikasi diasuransikan.

Serta 2000 Hektare lahan telah direalisasikan Asuransi nya bersama Jasindo kepada peternak.

“Tidak sepersen pun dari penerima manfaat yang kita pungut bayaran, seluruhnya gratis dan ditanggung pemerintah daerah”, ungkap Eka Putra.

Selanjutnya Eka Putra juga menguraikan Program pemberantasan rentenir dalam rangka pelaku usaha untuk mendapatkan modal usaha, dengan menggandeng Bank Nagari Tanah Datar meluncurkan progul “Makan Rendang”, dimana masyarakat pelaku usaha sangat – sangat diuntungkan sekali dalam progul ini, urai Eka Putra.

“Coba bayangkan hanya 3% kewajiban yang ditanggung oleh peminjam untuk membayar, selebihnya ditanggung Pemerintah Daerah”, kata Eka Putra.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Harvick Hasnul Qolbi, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, sangat memuji program unggulan yang dipaparkan Eka Putra.

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Terima Gedung Baru

“Kita Tanah Datar sangat beruntung mempunyai aset pemimpin seperti Eka Putra dan Richi Aprian ini”, kata Wamentan.

Seperti progul makan rendang, ini sangat menarik sekali dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat untuk mengembangkan usaha nya, terutama sekali pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ungkap Harvick Hasnul Qolbi.

Wamentan juga mengingat kan untuk “Hilirisasi Produk Pertanian”, terutama sekali dalam menghadapi pasar global,” ungkapnya.

Mengingat besar nya negara Indonesia ini, kita memang butuh besarnya produk pertanian namun kita juga harus siapkan “pasar” untuk produk produk pertanian kita itu agar relaksasi harga di pasaran dapat dipertahankan supaya petani kita tidak menderita kerugian, tutup Wamentan.a

Pada kesempatan itu Wakil Menteri Pertanian RI juga secara simbolis memberikan bantuan Asuransi kepada petani dan peternak.

Hadir pada kesempatan itu Prokopimda Tanah Datar, Kabag Perekonomian, Plt.Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Tanah Datar, Sri Mulyani, Utusan Jasindo Sumbar, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Koperindag Hendra Setiawan, Kadis Dinas Sosial Efrizon dan Kepala Dinas OPD lainnya, Kepala Bidang di ruang lingkup Pemda Tanah Datar, serta beberapa keterwakilan kelompok tani. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600