Bupati Eka Putra Kukuhkan Pengurus PKTD Prov. Jambi

Jambi, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM resmi mengukuhkan pengurus Perkumpulan Keluarga Tanah Datar (PKTD) yang dirangkai dengan Dies Natalis Ikatan Keluarga Mahasiswa Minangkabu (IKMM) Provinsi Jambi, Sabtu (17/12) di Auditorium Hotel Shang Ratu Provinsi Jambi.

Dikatakan Bupati Eka Putra, pengukuhan tersebut sempat tertunda yang mana sebelumnya direncanakan pada tahun 2021 lalu namun baru saat ini bisa terlaksana.

Bupati berharap, ini tidak mengurangi arti dari pengukuhan itu sendiri dan kepada kepengurusan yang baru dikukuhkan juga diharapkan dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga kerukunan, baik dengan masyarakat yang di perantauan maupun yang di ranah serta masyarakat Jambi pada umumnya.

“Sinergisitas perantau yang cukup baik, sehingga pengukuhan pengurus PKTD Provinsi Jambi ini berjalan khidmat dan sukses dan dihadiri langsung Wakil Gubernur Provinsi Jambi dan juga Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi. Semoga ini menjadi pemicu untuk semakin solid bersama membangun bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini dan juga kampung halaman,” ucapnya.

Bupati Eka Putra berharap kepada 40 orang pengurus PKTD se Provinsi Jambi yang dikukuhkan ini agar dapat mengakomodir perantau-perantau Tanah Datar yang ada di Jambi untuk selalu mengingat kampung halaman, karena menurutnya kontribusi perantau terhadap sanak saudara di kampung halaman bahkan bisa melebihi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kontribusi perantau terhadap kampung halaman bahkan melebihi dari PAD sendiri, jika itu dihitung berdasarkan kiriman uang sanak di rantau kepada keluarga dikampung halaman setiap bulannya,” ujar Eka Putra.

Ketua PKTD Provinsi Jambi Endrizal, ungkapkan rasa syukur dan bangga serta mengucapkan terima kasih karena pada saat pengukuhan PKTD dan Dies Natalis ke-7 IKMM Provinsi Jambi tersebut di samping dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi itu juga dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra beserta Kepala OPD dan juga Ketua TP PKK Tanah Dayar Ny. Lise Eka Putra beserta pengurus.

Baca Juga :  Pelti Tanah Datar Gelar Open Turnamen Tenis Junior

Dikatakan Endrizal, perantau Tanah Datar di Jambi banyak yang sukses dan menduduki jabatan strategis diberbagai stake holder di Provinsi Jambi, dan juga sudah banyak yang bergelar doktor. Di kepengurusan PKTD ada 12 orang doktor, dari Ia berharap Pemerintah Daerah dapat mengajak pakar-pakar tersebut ikut berkontribusi menyumbangkan pemikiran bagi kemajuan pembangunan daerah.

“Kami siap membantu daerah, kira-kira apa program untuk kemajuan Tanah Datar yang bisa kami tindak lanjuti, dan apa sumbangan yang dapat kami berikan dari SDM di perantauan, saat ini teknologi sudah canggih tak perlu berkumpul secara langsung untuk berdiskusi, secara during via zoom pun jadi,” ujarnya.

Wakil Gubernur Provinsi Jambi H. Abdullah Sani, menyampaikan apresiasi atas pengukuhan pengurus PKTD Provinsi Jambi masa bakti 2021-2024 tersebut dan berharap semakin solid dan terus berkontribusi bagi Provinsi Jambi dan juga kampung halaman Tanah Datar.

“Saya berharap agar organisasi ini terus neningkatkan kepekaan dan kepeduliannya kepada seluruh anggota, secara intern saling membantu, bahu membahu dan menjadi salah satu saluran untuk berbagi informasi yang bermanfaat. Dan juga selamat dies natalis ke-7 IKMM semoga momentum ini menjadi penguat solidaritas, menjaga kekompakan dan memajukan IKMM kedepan,” ujarnya.

Acara pengukuhan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seperti Dendang Bagurau oleh pengurus TP PKK Tanah Datar, tari piring, KIM dan penampilan lainnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email