News  

Bupati Eka Putra Ingatkan Pentingnya Imunisasi

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, semenjak pandemi Covid-19 di tahun 2019 cakupan Universal Child Immunization (UCI) kabupaten Tanah Datar yakni 77,5 %, sedangkan di tahun 2021 mengalami penurunan yang signifikan di angka 44,8 %.

Dari itulah diperlukan peran aktif semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan imunisasi di Tanah Datar pada khususnya, baik lintas sektoral maupun lintas program dengan cara mensosialisasikan pentingnya imunisasi terhadap anak.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra pada acara launching gebyar Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Tanah Datar yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat Audy Joinaldy, di aula Kantor Camat Batipuh, Rabu (20/4/2022).

“Pelaksanaan imunisasi di Tanah Datar perlu dukungan seluruh pihak untuk mensosialisasikannya ke masyarakat, kegaiatan ini dianggap penting dalam upaya memberantas serta penanggulangan penyakit menular, khususnya Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I),” ujar Bupati Eka.

Program imunisasi merupakan salah satu cara mewujudkan Kabupaten layak anak, ia pun mengajak seluruh pihak masyarakat senantiasa memabawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap sehingga terhindar segala bentuk penyakit tergolong PD3I, kata Eka Putra.

Wagub Audy Joinaldy mengatakan penurunan angka imunisasi berdampak peningkatan penyakit terhadap anak dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) karena teralihkan dengan pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 membuat masyarakat abai terhadap imunisasi anak, karena masyarakat takut membawa anak ke puskemas atau pelayanan kesehatan lainnya, karena takut tertular Covid-19, akhirnya terjadi penurunan angka imunisasi anak secara drastis, ini tidak hanya terjadi di Sumatera Barat tetapi di seluruh Dunia,” ujar Wagub Audy Joinaldy.

Baca Juga :  Ketua Pansus II Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Pastikan Tidak Ada Penerima Ganda

Ia pun berharap seluruh pihak berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya imunisai anak sehingga tidak ada lagi anak-anak di Sumatera Barat yang tidak mendapat imunisasi.

“Kegiatan sama telah terlaksana dibeberapa daerah di Sumatera Barat, dengan harapan angka imuniasi anak meningkat di Sumatera Barat,” ujar Wagub Audy Joinaldy.

Turut hadir pada saat itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat di wakili Kabid Kesmas Yuni Andra, Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Ketua TP-PKK Taah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala OPD Tanah Datar, Ketua Organisasi Profesi, Camat se Tanah Datar, Wali Nagari se kecamatan Batipuh dan Tamu undangan lainnya. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600