Bupati Eka Putra Ingatkan Agar Sekolah Mengajarkan Budaya Alam Minangkabau (BAM) kepada Siswa

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE,MM minta kepada peserta raker MKKS agar menciptakan ide ide cemerlang guna memajukan pendidikan di Tanah Datar. Selain itu perlu menambah jam untuk memasukkan pelajaran adat dan budaya Minangkabau.

Bupati mengatakan hal itu, Rabu (2/11), saat memberi sambutan pada kegiatan Rapat Kerja Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2022, yang diselenggarakan di Bukittinggi.

“Caranya bagaimana, saya serahkan lagi kepada para kepala sekolah dan guru, yang penting, saya ingin generasi kita di zaman digital ini jangan ketinggalan dengan sejarah Minangkabau,” ujarnya.

Bupati juga mengingatkan, agar dalam memasukkan pelajaran tentang kearifan lokal jangan sampai mengganggu program pendidikan nasional. Seperti apa polanya, kita serahkan pada pihak sekolah.

Menurut Eka, majunya suatu negara, majunya suatu daerah itu dilihat dari kemajuan SDM masyarakatnya. Bukan karena jalannya saja, bukan pariwisata yang bagus, tetapi SDM masyarakatnya yang utama.

“Saya yakin kalau kita semangat, misi meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing bisa dicapai,” ujarnya.
Selain itu, menurut bupati, para siswa juga harus tahu sejarah tentang Tanah Datar, maka kita harus hadirkan ahli sejarah untuk ikut memberikan pelajaran. Ayo sama-sama, supaya anak-anak generasi muda kita di zaman digital, di zaman yang canggih ini tidak lupa dengan sejarah Minangkabau.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan terima kasih atas terlaksananya Raker MKKS ini, semoga dengan Raker ini apa yang menjadi ganjalan pekerjaan bisa dicarikan solusinya,” ujarnya, pada raker yang diikuti 57 orang kepala sekolah SMP se-Tanah Datar itu.

Bupati mengaku amat bahagia, karena bertemu dan bertatap muka langsung dengan para kepala sekolah, seraya menegaskan, dia berasal dari keluarga guru, yakni ibunya.

Baca Juga :  Tim Safari Ramadhan Khusus Kunjungi Nagari Kubang Landai

“Walaupun ada kepala dinas Pendidikan Tanah Datar Riswandi di sini, jangan malu-malu, tidak usah takut sampaikan saja apa adanya. Kita harus saling bersinergi dan terbuka agar dunia pendidikan kita di Tanah Datar maju, “ kata bupati.

Eka juga mengingatkan, SMP adalah tempat untuk membentuk karakter anak-anak, begitu banyak pengalaman pertama yang didapat oleh anak-anak ketika mereka sedang berada di sekolah atau saat menimba ilmu di tingkat pendidikan SMP.

“Saya ingin mengajak semua bapak ibu kepala sekolah, mari kita keluarkan semua kreativitas kita untuk membuat anak-anak mendapatkan pengalamannya. Karena situasinya berbeda ketika kita dulu menjadi murid dengan zaman sekarang. Sekarang zaman digital, untuk itu perlu kita membangkitkan kreatifitas murid,” ujar Bupati. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600