News  

Bupati Eka Putra Hadiri Silaturahmi DPD PERHIPTANI Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia atau (PERHIPTANI) merupakan organisasi profesi yang bersifat keilmuan, keahlian, persaudaraan, kemasyarakatan, kemandirian dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik. Perhiptani bertujuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien dan produktif.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM ketika menghadiri silaturahmi DPD Perhiptani Tanah Datar, di Talago Biru Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Rabu(22/6), yang dihadiri Kadis Pertanian, Sri Mulyani Kabid Penyuluh Nofiarman, Camat Padang Ganting Ronal serta undangan lainnya.

Perhiptani diharapkan dapat mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian. Selain itu, Perhiptani harus dapat membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalisme dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian.

Pelaksanaan penyuluhan telah berjalan sejak lama namun profesionalisme penyuluh masih kurang berkembang. Harapan kita ke depannya perlu ditingkatkan kuantitas dan kualitas, pelatihan-pelatihan bagi para penyuluh, serta penambahan jumlah penyuluh pertanian karena makin banyaknya penyuluh pertanian yang memasuki masa purna tugas.

Pada tahun 2022 Pemerintah Daerah Tanah Datar menetapkan 10 program unggulan (progul) dimana 4 (empat) di antaranya berada di dinas pertanian, yaitunya bajak gratis, AUTP/AUTSK, pupuk subsidi, jaringan irigasi, tujuan utama nya adalah meningkakan kesejahteraan petani.

“Tentunya keseluruhan program tersebut, memerlukan dukungan dari penyuluh pertanian sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tani. Untuk itu perlu meningkatkan peran dan kinerja BPP kecamatan dan pos penyuluhan nagari,” ungkap Bupati Eka.

Kadis Pertanian Sri Mulyani, SP. M.Si, mengatakan kepada pengurus DPD Perhiptani supaya dapat menjalin kerjasama yang baik untuk mengsukseskan program unggulan yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga :  Ketum SMSI Hadiri Undangan Bally Saputra Presdir Riyadh Group

Kepada DPD Perhiptani Tanah Datar, juga diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengakomodir persoalan yang dihadapi pada pertanian. Pada tahun 2022 ini, Kecamatan Padang Ganting memperoleh bantuan bibit kelapa sebanyak 900 bibit untuk lahan seluas 75 hektar dari APBD Provinsi Sumatera Barat. Disamping itu, di Nagari Atar sangat berpotensi dikembangkan tanaman Jeruk Purut, Jeruk Nipis dan tanaman Karet.

Ketua DPD Perhiptani Tanah Datar, Ari Yonata, menyebutkan dengan telah terpilihnya kepengurusan baru pada tanggal 17 Maret 2022 lalu, diharapkan mampu lebih berfungsi sebagaimana mestinya.

Adapun out put dari kegiatan ini ialah, Perhiptani Tanah Datar, dapat lebih eksis dalam menjalankan tugas fungsinya. Penyuluh pertanian dapat lebih termotivasi dalam mengembangkan kreatifitas dalam menjalankan tupoksinya dan mensukseskan program unggulan Pemerintah Daerah Tanah Datar. Dan profesionalisme penyuluh pertanian lebih meningkat sehingga mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600