Bupati Eka Putra Buka ‘Alek Pacu Jawi’ di Jorong Padang Panjang Nagari Pariangan, Mantan Bupatipun Ikut Hadir

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News &Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM membuka secara resmi Alek Pacu Jawi di jorong Padang Panjang Nagari Pariangan, Sabtu 22 Oktober 2022 yang berlokasi di sawah Liek, Jorong Padang Panjang. Turut hadir pula mantan Bupati Tanah Datar dua periode M.Sadiq Pasadiqoe, SH, MM.

Kedatangan bupati beserta rombongan disambut oleh tari galombang serta pertunjukan silat anak nagari dari sanggar Titiak Palito jorong Padang Panjang. Kemudian diiringi dengan musik talempoang dan bansi serta alunan talempoang aguang khas jorong Padang Panjang yang suaranya mendayu dayu.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia beserta pengurus Porwi Tanah Datar yang sudah menggelar Alek Pacu Jawi ini. “Semoga berjalan sukses dan lancar. Mari kita lestarikan tradisi kita selalu” tambah Eka Putra yang memiliki Progul salah satunya adalah satu even satu nagari.

Sementara itu ketua Porwi Tanah Datar yang juga ketua LKAAM Tanah Datar H.A.Dt Andomo mengucapkan terimakasih atas kedatangan bupati bersama rombongan di Alek Pacu Jawi jorong Padang Panjang ini.

“di lokasi pacu Jawi ini tidak ada judi. Ninik mamak beserta ulama semuanya ikut memberantas perjudian” ucapnya di hadapan Bupati, camat, Forkopimca kec. Pariangan, Ketua KAN dan Ketua BPRN Pariangan serta ribuan tamu yang hadir.

“Di lokasi pacu Jawi ini terjadi transaksi ekonomi. Masyarakat berjualan. Penonton berbelanja” papar Dt.Andomo penuh semangat.

Selama perhelatan pacu Jawi di kec. Pariangan semuanya berjalan lancar dan sukses. Tidak ada kendala yang berarti. Masyarakat puas dan terhibur.

Setelah pembukaan acara, bupati didaulat melepaskan bendera untuk sapi yang akan berpacu pertama kali. Ayunan langkah sapi, percikkan air serta sorak Sorai penonton menambah semaraknya Alek nagari ini. Bagi pecandu pacu Jawi yang belum bisa hadir pada pembukaan ini, silakan datang pada Sabtu depan karena menurut rencananya akan dilaksanakan sebanyak empat kali Sabtu. (Red.JM)

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Miliki Profesor Bidang Fisika
Print Friendly, PDF & Email