News  

Bupati Eka Putra Berikan Arahan, Guru Harus Cakap Teknologi Digital

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra minta para guru harus mampu melek teknologi digitalisasi.
Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya pada acara Program Literasi Digitalisasi Nasional dengan tema Indonesia Makin Cakap Digital, yang merupakan kerjasama Kementerian Kominfo RI, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan Sahabat Guru Bersinergi, Selasa, 14 Juni 2022 secara zoom dari Indo Jolito Batusangkar. 

  “Sebagai bumper terdepan bidang pendidikan, guru harus mampu melek dan cakap digital, hal ini juga menjadi tantangan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk memfasilitasi agar guru bisa mahir bermedia digital dengan penuh tanggungjawab,” kata Eka.

Media digital sudah menjadi sesuatu yang wajib dikuasai guru saat ini seiring berkembangnya Revolusi Industri 4.0.  Guru juga harus mengimbangi kemampuan digital peserta didik yang berkembang lebih pesat dibanding kompetensi guru, karena memang kemampuan digital mereka juga diperoleh dari lingkungan sehari-hari” sampainya.

Bupati Eka menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kominfo RI, Ketua Umum APKASI  bersama tim, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan Sahabat Guru, semoga kegiatan ini mampu melahirkan, meningkatkan dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) guru daerah yang unggul dalam bermedia digital, numerasi, berkarakter dan berdaya saing global,” katanya.

Ketua Umum APKASI diwakili Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Winarti yang juga merupakan Bupati Tulang Bawang Provinsi Lampung sepakat pelaksanaan kegiatan Webinar sebagai bentuk peningkatan SDM Guru sebagai garda terdepan pendidikan.

Hal senada juga disampaikan Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Menurutnya, Guru adalah tombak peradaban bangsa, namun proses belajar mengajar selama dua tahun terakhir terdampak karena Pandemi Covid-19. 

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Lantik 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

  “Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor utama yang terdampak Covid-19, sehingga mengharuskan pelaku pendidikan merubah paradigma dan mencari cara lain untuk proses belajar mengajar, yakni melalui belajar jarak jauh atau daring,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600