News  

Budaya Gotong Royong Masih Dilestarikan di Nagari Barulak

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt. Bandaro Bodi mengapresiasi kegiatan gotong royong yang dilakukan ratusan masyarakat jorong Aua, nagari Barulak, kecamatan Tanjuang Baru. Gelar aksi rutin jelang Ramadhan ini mereka lakukan secara gotong royong membersihkan jalan utama, Rabu (23/3-2022). Ruas jalan utama sepanjang 1 KM tersebut, membentang dari jorong Dalam Nagari ke jorong Aua.

Menurut Wali Nagari Barulak M. Dt. Bandaro Bodi kegiatan yang dikoordinir Kepala jorong Aua A. Dt Indo Bosa, goro membersihkan jalan utama ini merupakan aksi rutin sepanjang tahun jelang Ramadhan. Tujuannya, selama Ramadhan 1443 H nanti masyarakat tenang, nyaman, dan tenteram dalam beribadah.

“Ini kegiatan rutin kita. Alhamdulillah, masyarakat antusias sekali dalam kegiatan goro ini. Mudah-mudahan bisa kompak terus dalam bidang apa saja. Kanan kiri jalan sengaja kita tebas rumput dan kayu yang menghalangi pandangan pengguna jalan,'” kata A. Dt Indo Bosa, Rabu (23/3-2022) di Aua, Barulak, Tanjuang Baru.

Nantinya sewaktu perantau mudik, mereka merasa nyaman dan senang melewati jalan utama yang tengah di bersihkan tersebut. Sebab, saban tahun banyak perantau jorong Aua mudik. Baik yang rantaunya di Batam, Pekanbaru, Pangkalan Kerinci, Jakarta, Padang dan kota lainnya di Indonesia.

“Disamping masyarakat di kampung merasa nyaman, warga kita yang nanti mudik juga merasakan hal sama hendaknya,” katanya yang diamini sejumlah pemuka masyarakat setempat J. Dt Bijo, Deni Toke Ngenek dan Epi Kikuk.

Walinagari Barulak M. Dt Bandaro Bodi yang ikut hadir dalam goro itu mengatakan, kegiatan goro masyarakat jorong Aua merupakan rutinitas 3 bulan sekali.

“Hari ini ada dua lokasi goro. Di jorong Koto nan Tuo dan Aua. Alhamdulillah, masyarakat kami sangat ramai dalam kegiatan goro ini,” simpul M. Dt Bandaro Bodi. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600