BPNB Sumbar Fasilitasi Pendokumentasian Ritual Tarain di Nagari Pariangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar akan memfasilitasi pendokumentasian ritual budaya ‘Tarain’ di jorong Padang Panjang, Nagari Pariangan, kec Pariangan, Kab. Tanah Datar pada bulan Juni th 2022 ini. Kegiatan ini dibiayai dari dana kegiatan pendokumentasian kebudayaan yang ada di BPNB Sumbar th 2022.

Untuk memastikan kegiatan ini, BPNB  Sumbar mengundang pengusul kegiatan ini Irwan Malin Basa untuk menandatangani kontrak kegiatan pada Selasa, tgl 24 Mei 2022 di kantor BPNB Sumbar. Kegiatan ini memang dari awal diusulkan oleh Irwan Malin Basa sebagai penggiat dan peneliti kebudayaan. PPK kegiatan ini di BPNB adalah Hariadi, SS, MA.

“mudah mudahan kegiatan ini berjalan lancar sehingga ritual Tarain ini semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat pula didokumentasikan untuk menjadi bahan kajian kebudayaan” tutur Irwan Malin Basa kepada media ini, Rabu 25/5/22.

Tarain adalah sebuah ritual budaya minta hujan yang sudah ada semenjak dahulu di jorong Padang Panjang nagari Pariangan. Tarain ini dilakukan pada malam hari dengan membaca sholawat sambil berjalan sekeliling kampung. Ada teks bacaannya dan ada pula irama nya. Jika musim panas berkepanjangan, maka masyarakat akan melakukan Tarian untuk meminta hujan.

“Ritual budaya Tarain ini belum pernah diekspos oleh media dan belum pernah pula ada kajian yang mendalam seputar Tarain ini. Makanya saya sangat tertarik untuk mendokumentasikan ritual yang sangat langka ini” tambah Irwan Malin Basa yang sudah banyak menghasilkan penelitian bahkan HKI dalam bidang kebudayaan.

Masyarakat di jorong Padang Panjang nagari Pariangan ini juga bersemangat untuk membantu kesuksesan pendokumentasian Tarain ini. “Kami siap untuk mengumpulkan orang orang untuk melakukan Tarain ini nanti. Kita akan dukung sebaik baiknya” ujar Arman Pili salah seorang penggiat wisata di jorong Padang Panjang nagari Pariangan. (Red.Jm).

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Hadiri Silaturahmi DPD PERHIPTANI Tanah Datar
Print Friendly, PDF & Email