BMT Almabruk IAIN Batusangkar Tetap Eksis di Tengah Corona

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnalminang.com. Baitul Mal Wattamwil (BMT) Almabruk IAIN Batusangkar tetap eksis meskipun ada hantaman virus Corona semenjak beberapa bulan belakangan ini. Sebagai buktinya, BMT ini tetap menyalurkan kucuran kredit kepada nasabah yang membutuhkan. Hal ini memberi bukti bahwa sistem keuangan syariah memang tahan terhadap berbagai tantangan baik lokal maupun nasional.

Pengelola BMT Almabruk Rahmat Ade Putra yang kerap dipanggil Ade ini mengatakan bahwa BMT selalu siap menyalurkan pembiayaan untuk nasabah sesuai dengan aturan yang berlaku di BMT. Seluruh pembiayaan dijalankan dengan sistem syariah dan dikelola secara profesional sehingga tidak ada masalah yang berarti ditemui di lapangan. BMT yang sudah berdiri semenjak beberapa tahun yang lalu sudah menunjukkan eksistensinya di tengah ketatnya persaingan dunia perbankan dan lembaga keuangan mikro lainnya. Tidak sedikit lembaga keuangan mikro yang kolaps dan tidak sedikit pula yang menghentikan penyaluran pembiayaannya kepada nasabah.

banner 336x280

BMT yang berkantor di lokasi kampus IAIN Batusangkar ini awalnya didirikan oleh beberapa orang dosen dan karyawan IAIN Batusangkar dengan segala keterbatasan. Namun karena niat baik dari pemilik modal dan managemen hingga saat ini BMT Almabruk sudah berkembang. Kepedulian dan pembinaan terhadap nasabah UMKM di Tanah Datar tetap menjadi prioritad khususnya di Tanah Datar. Belum lama ini BMT menyalurkan pembiayaan terhadap usaha laundry, toko kelontong dan pedagang kecil lainnya.

Kedepannya BMT Almabruk bisa berkembang lebih baik dan bisa meningkatkan permodalan sehingga bisa meraih lebih banyak nasabah baik untuk menabung maupun untuk penyaluran pembiayaan. Sebagian besar dosen dan karyawan IAIN Batusangkar sudah merasakan dan terbantu dengan adanya BMT ini karena seluruh proses pembiayaan bisa diperoleh dengan cepat. Jika kebutuhan pembiayaan semakin tinggi kedepannya tentu pihak management harus memutar otak untuk menambah permodalan BMT baik melalui penambahan modal dari berbagai pihak maupun melalui kerjasama lainya yang sesuai dengan prinsip syariah. (Dedi/ Red).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan