Blank Spot Area di Tanah Datar Segera Dibebaskan, Bupati Kunjungi GM Telkomsel Sumbagteng

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar siap menuntaskan penanganan masalah telekomunikasi di Nagari Sungai Patai, Jorong Sungai Salak, Jorong Mawar I, Jorong Mawar II, Jorong Tanjuang Lansek, Pamusian, dan Dusun Sitapuang Gadang yang kini masih kesulitan mendapat jaringan seluler (blank spot).

Oleh karena itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Abdul Hakim, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Yusrizal, Kadis Pariwisata Agung Hendrianto, Kabag Prokopim Dedi Triwidono, Kabag Umum Sofa Nofa, dan Kabid Egov Fajri melakukan audiensi dengan GM Network Service Anssurans Sumbagteng PT. Telkomsel di Gedung Graha Merah Putih Pekanbaru Pada Rabu, (26/10).

Bupati menyampaikan, penyediaan jaringan telekomunikasi di wilayah yang belum terjangkau jaringan seluler atau blankspot area merupakan program unggulan dibawah kepemimpinannya.

Karena menurutnya, setiap Jorong dan Nagari di Tanah Datar memiliki potensi, baik itu UMKM nya, pariwisatanya dan potensi alam lainnya namun sulit diekspos karena tidak adanya jaringan.

Dan ketidakadaan jaringan tersebut juga sangat menyulitkan bagi anak-anak sekolah di daerah itu yang melakukan pembelajaran daring.

“Dan untuk mendapatkan jaringan mereka harus ke kantor camat dahulu yang jaraknya cukup jauh,” kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga memiliki program unggulan layanan bajak gratis, satu rumah satu hafiz, “Makan Rendang” yaitunya Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang yang semuanya menggunakan aplikasi dan jaringan internet.

Belum lagi di Kabupaten Tanah memiliki banyak event wisata setiap minggunya, mulai dari event lokal, nasional, bahkan internasional, dan pada Desember nanti juga akan ada kongres bundo kanduang se dunia.

Setiap event di Tanah Datar dihadiri ribuan pengunjung, bahkan event mingguan seperti event pacu jawi juga dihadiri wisatawan mancanegara.

Baca Juga :  Kemendikbud RI dan LPDP Kucurkan Dana untuk Pengkajian Kain Tradisional Minangkabau di Pariangan

“Untuk itu kami minta tolong ke Telkomsel memberikan solusinya untuk jaringan di Tanah Datar, tidak hanya penuntasan daerah yang blank spot tapi juga bisa mendukung jaringan di setiap event wisata di Tanah Datar,” kata Bupati.

Untuk percepatan tersebut, Pemkab Tanah Datar siap mendukung apapun langkah-langkah yang akan dilakukan nantinya. General Manager Network Service PT. Telkomsel
Sumbagteng Artha Abimanyu beserta rombongan menyambut baik kunjungan Bupati Eka Putra.

Ia menyampaikan, beberapa desa atau Nagari di Kabupaten Tanah Datar sudah masuk kedalam program pembangunanya cuman masih terdapat beberapa kendala seperti ketersediaan akses ke BTS dan kontur wilayah.

Menyikapi hal itu dibutuhakan juga dukungan dari Pemerintah Daerah, untuk mensukseskan, baik itu berupa pendirian tower mini dan lainnya.

Terkait jaringan di setiap event-event yang dilakukan di Tanah Datar, pihak Telkomsel bersedia mendukung peningkatan jaringan. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email