Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Beasiswa Sebesar Rp.802 Juta

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar kembali menyalurkan bantuan beasiswa pendidikan sebesar Rp.802.200.000, bagi 646 orang mahasiswa yang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2022, yang diserahkan langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, di Masjid Al Amin Dobok, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kamis (23/6/22). 

Bupati dalam sambutannya sampaikan, ucapan terimakasih kepada Baznas Tanah Datar yang telah menyalurkan zakat untuk bantuan pendidikan, bagi mahasiswa undangan warga Tanah Datar yang akan masuk PTN di Indonesia lewat jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN. 
Dengan adanya beasiswa ini pemerintah berharap, agar semua mahasiswa dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi terutama bagi keluarga yang kurang mampu, beasiswa ini diharapkan mampu meringankan biaya pendidikan dan kehidupan bagi mahasiswa yang menerima, sehingga dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga selesai. 

“Besar sekali harapan Kami, Ananda untuk dapat bersungguh-sungguh, tekun dan fokus dalam menuntut ilmu, baik di Tanah Datar maupun yang di rantau,” harap Eka Putra. 

Kemudian Bupati juga katakan, agar kedepan Baznas dapat tetap menyalurkan zakat secara tepat sasaran, serta dapat mampu menjadi jembatan penghubung antara pembayar zakat dan para mustahik.

Kegiatan seperti ini, diharapkan agar dapat ditingkatkan dan dikembangkan, selain itu Baznas juga harus tetap mendapat dukungan, agar dapat meningkatkan kinerja, karena ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah, terlebih dari segi pendidikan,” pungkas Bupati.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, SAg, M.Pd menyampaikan, bahwa anak-anak kita yang mendapatkan bantuan zakat atau beasiswa pendidikan, sebanyak 646 orang yang lulus mahasiswa undangan dari berbagai PTN di Indonesia. 

“Untuk tahap I kita akan salurkan kepada 371 orang dan tahap II sebanyak 275 orang, dan bantuan yang diberikan sesuai dengan UKT mulai dari Rp.1 juta sampai Rp.5 juta, serta untuk mahasiswa luar Sumbar kita beri tambahan uang transportasi,” terang Yasmansyah. 

Baca Juga :  Pemkab Tanah Datar Belum Siap, Sidang KI Ditunda

Yasmansyah tambahkan, kepada ananda yang menerima manfaat beasiswa pendidikan pada hari ini, bahwa salah satu visi misi Bupati Tanah Datar yaitu, mencerdaskan masyarakat Tanah Datar terutama di bidang pendidikan. 

Terakhir Yasmansyah sampaikan, Baznas Tanah Datar juga menyalurkan bantuan pendidikan, untuk 3 orang anak Mualaf sebesar Rp.500ribu/bulan. Dan kita juga memberikan bantuan rehab rumah di Nagari Limo Kaum, yang telah selesai dikerjakan.

Acara ini turut dihadiri Kemenag Tanah Datar diwakili Drs. Yusmarli, Kepala Bank Nagari Syariah Batusangkar, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Camat Lima Kaum Irwan, S.Sos, Wali Nagari Limo Kaum Gusrial dan undangan lainnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600