Batik Ampas Kopi dari UMKM Batik Pariangan Langsung Dipakai Oleh Mentri Sandiaga Uno

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Salah satu variasi batik yang menarik bagi Mentri Sandiaga Uno adalah batik Ampas Kopi yang ada di UMKM Batik Pariangan. Pada kunjungan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Pariangan, Rabu 6 Juli 2022, pelaku UMKM Batik Pariangan Zelmawati menyerahkan dua potong baju yang terbuat dari pewarna ampas kopi kepada Mentri dan gubernur.

Batik dari pewarna ampas kopi dipelopori oleh Prof.Azril Azhari dan untuk di UMKM Batik Pariangan dikembangkan oleh Rina Azis melalui penelitiannya yang dibimbing langsung oleh profesor Azril.

“batik Ampas kopi ini sudah lolos uji lab. Bisa tahan aroma kopinya sampai 24 kali cuci” ujar profesor Azhari yang hadir langsung bersama menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pariangan.

Setelah menandatangani plakat ADWI untuk nagari Pariangan yang masuk 50 besar Nasional, pelaku UMKM Batik Pariangan Zelmawati menyerahkan dua potong baju yang terbuat dari ampas kopi. Baju tersebut langsung dipakai oleh Mentri dan dapat sambutan luar biasa.

Motif yang dibuat untuk baju Mentri Sandiaga Uno adalah motif Kawa Daun Pariangan yang merupakan ciri khas minuman tradisional Minangkabau sejak dahulu.

“Kawa daun adalah milik kita. Salah satu tradisi kita. Dan Kawa Daun Pariangan sudah tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2021 sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI), saya yang meneliti dan mendaftarkanya” ujar Irwan Malin Basa dalam penjelasannya kepada Sandiaga Uno dan seluruh tamu yang hadir.

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Jabatan Direktur RSUD Ali Hanafiah Batusangkar Diserahterimakan
banner 120x600