Balai Bahasa Prov Sumbar Kembangkan Kamus Bahasa Minang

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, JurnalMinang.Com. News&Web TV. Balai Bahasa Prov Sumatra Barat tahun 2021 ini melakukan kegiatan pengembangan Kamus Bahasa Minang. Tiga orang Srikandi peneliti dari Balai Bahasa Sumbar Yaitu Dewi, Evi dan Yanti turun ke Batusangkar untuk mengumpulkan data bahasa Minang, Jum’at, 5 Maret 2021.

Salah satu tujuan utama mereka adalah mengumpulkan kosa kata dan istilah bahasa Minang dari pusat kebudayaan Minangkabau yaitu Pariangan. Hadir sebagai narasumber atau informan dari Pariangan adalah Irwan Malin Basa yang merupakan seorang akademisi dan peneliti masalah bahasa dan budaya Minangkabau.

banner 336x280

Diskusi ini dilakukan di ruangan LPM kampus IAIN Batusangkar. Berbagai informasi diperoleh oleh peneliti tersebut sehingga semakin banyak kosa kata Minang yang harus dientri lagi kedalam kamus yang sudah ada.

“kamus bahasa Minang ini memang harus dikembangkan setiap waktu karena masih banyak kosa kata Minang yang belum terhimpun di dalamnya. Apalagi kosa kata lama yang sudah tidak terpakai lagi. Generasi muda kita tidak faham lagi sebagian kosa kata Minang yang lama. Untuk itu, perlu kita dokumentasikan dan kita lestarikan” jelas Irwan Malin Basa yang juga salah seorang Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) di kab. Tanah Datar.

Sementara itu, ketiga peneliti berpendapat memang sangat perlu menghimpun kosa kata lama yang hampir punah atau sudah jarang dituturkan lagi oleh masyarakat. Salah satu tugas Balai Bahasa memang melakukan hal tersebut.

“Kita butuh dokumentasi istilah istilah hukum di Minangkabau, pertanian, ritual budaya dan kosa kata tematik dalam bidang tertentu lainnya” tutur Yanti salah seorang peneliti.

Tentu sumbernya banyak di Luak Nan Tuo karena daerah yang terdiri dari 75 Nagari dan 14 kecamatan ini sangat kaya dengan sumber kebudayaan Minangkabau. Lain daerah, lain pula kosa kata dan dialek nya. Semoga saja lahir kamus Bahasa Minang yang menghimpun seluruh kosa kata Minang yang pernah ada. (Red.Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan