News  

‘Badia Batuang’ atau Meriam Bambu Awali Pembukaan Festival Budaya Desa Terindah Pariangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Salah satu acara yang sangat menarik bagi pengunjung festival budaya desa terindah Pariangan adalah ditampilkanya ‘Badia batuang’ atau meriam bambu pada acara pembukaan festival, Sabtu 25 Juni 2022. Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar ini sangat meriah dan dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Seluruh undangan kehormatan diberikan kesempatan untuk membunyikan Badia batuang tersebut termasuk rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang diwakili oleh Dr.Ridwal Trisoni, M.Pd yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik di kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

“ini mengembalikan memori kita kepada masa lalu. Ini adalah sebuah permainan rakyat nagari semenjak dahulu. Saya baru kali ini melihat meriam bambu ini. Selama ini hanya mendengar cerita saja” ujar Robert Hidayat yang datang bersama keluarga dari Duri, Riau untuk menyaksikan festival budaya ini.

Pengunjung bisa pula menikmati aneka kuliner tradisional khas nagari Tuo Pariangan. Sebagian pedagang kuliner tradisional sudah ludes dagangannya sebelum pukul 12. Siang. Animo masyarakat dan wisatawan sangat tinggi untuk mencicipi kuliner tradisional ini.

Acara festival budaya desa terindah Pariangan akan berlangsung sampai Minggu, 26 Juni 2022. (Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bayarkan Klaim Anggota KWRI Tanah Datar
banner 120x600