News  

Aua Sarumpun Geopark Festival Resmi Dibuka, Wabup Tanah Datar Beri Sambutan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. Nes&Web TV. Aur Serumpun merupakan sebuah panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain. Saking indahnya danau Singkarak terlihat jelas dari Aua Sarumpun yang terletak di Nagari III Koto Kecamatan Rambatan.
Kondisi alam Kabupaten Tanah Datar hampir semua mempunyai keindahan tersendiri.

Sering kita dengar adat salingka nagari Luhak Nan Tuo mempunyai karateristik berbeda-beda. Disamping budaya, keindahan alam, ada lagi yang patut kita syukuri di Tanah Datar yaitu kulinernya di setiap nagari berbeda beda. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH selesai meresmikan “Aur Serumpun Geopartk Festival ” Tahun 2022 di Puncak Aur Serumpun Nagari Tigo Koto Kecamatan Rambatan yang didampingi Asisten 2 Abdul Hakim, dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar Dapil dua Adri Jinil Dt. Rangkayo Mulia, Abu Bakar, Lc, Sekretaris Parpora Provinsi Yesi Admaliza, pada hari Sabtu (21/05). Di Aua Sarumpun III Koto.

Wabup Tanah Datar Richi Aprian menjelaskan, Festival satu Nagari Satu Event ini sebelumnya sudah diadakan di Nagari Andaleh Baruah Bukit, sekarang di Geopark Aur Serumpun, namanya “Aur Serumpun Geopartk Festival 2022.” Alhamdulillah kita bisa melihat Potensi budaya dan keindahan alam, Kabupaten Tanah Datar hampir semuanya mempunyai keindahan tersendiri. 

Termasuk kulinernya yang terkenal orang Minang makan rendang, akan tetapi di Tanah Datar di setiap nagari rendang ini berbagai ragam dan rasanya, ini sebuah keberkahan bagi kita, ini sebagai Event ke dua yang kita laksanakan di Tanah Datar setelah yang pertama diadakan di Nagari Andaleh Baruah Bukik, pengunjungnya cukup banyak. UMKM ikut bergerak.

Inilah tujuan dari kegiatan ini yang sebenarnya untuk menghidupkan ekonomi kecil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mudah-mudahan dengan keterbatasan kita Seperti yang kita lihat tadi akses menuju kesini belum maksimal, setelah ini kita usahakan jalan menuju kesini secepatnya kita perbaiki. Alhamdulillah hari ini kita di bantu oleh sekolah Pariwisata Bandung kegiatan ini berjalan dengan lancar. 

Baca Juga :  Wamen Perdagangan Kunjungi Tanah Datar

“Menyangkut akses jalan menuju ke Aur Serumpun ini sebelumnya sudah dianggarkan, tetapi karena refocusing anggaran Covid sehingga tidak bisa terealisasikan sampai penuh. Sebenarnya kami bersama Bupati mempunyai mimpi di Aur Serumpun, harapan kita ingin mempunyai cabel car dimulai dari Pantai Tanjung Mutiara sampai kesini memakai Kareta Gantung, termasuk juga Kapal Pesiar akan secepatnya terealisasi, sekarang lagi sedang mempersiapkan Dermaga nya,” Ucap Wabup Richi Aprian. 

Turut hadir Wabup Richi Aprian, Asisten 2 Abdu Hakim, Sekretaris Parpora Provinsi Yesi Admaliza, dua Orang Anggota DPRD Tanah Datar, Adri Jinil, Abu Bakar, 

Kadis Parpora Tanah Datar atau yang mewakili, Kadis Kominfo Tanah Datar diwakili Kabid IKP Roza, OPD, Forkopinca Rambatan, Camat Rambatan Ikrar Palepi, Camat se Tanah Datar, Wali Nagari III Koto Wily Adha, perwakilan Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar, ninik mamak, Bundo Kanduang, Pemuda, serta undangan lainnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600