News  

Anggota DPRD Ikut Hadiri Musnag Rambatan dan Berikan Pandangan untuk Pembangunan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Anggota DPRD Fraksi Nasdem Tanah Datar Adri Jinil Simabura, SH Dt. Rangkayo Mulie mengatakan, kegiatan Musyawarah Nagari atau Musnag merupakan momentum penting untuk menjaring aspirasi masyarakat dari bawah secara transparan bagi pemerintah daerah dan nagari, karena dengan adanya Musnag yang didahului Musyawarah Jorong (Musjor) semua akan berperan aktif dalam perencanaan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Adrijinil Simabura, SH Dt. Rangkayo Mulie Legislator Fraksi Nasdem DPRD Tanah Datar, ketika memberikan sudut pandang dalam acara Musyawarah Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan di Aula Kantor Wali Nagari setempat, Senin (11/07/2022).

Dikatakan, agar setiap lapisan masyarakat mestinya mencicipi “kue” pembangunan, perlu disikapi secara arif dan bijaksana, sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu diantaranya dalam bentuk Musnag, dengan menyampaikan perencanaan program pembangunan daerah dan nagari serta pengelolaan dan penggunaan anggarannya.

Ketua Tim II Tanah Datar Dr. Alfian Jamrah, M.Si dalam kesempatan itu mengajak peserta Musnag dalam perencanaan pembangunan di nagari diprioritaskan untuk pemberdayaan ekonomi, sosbud, adat dan agama.
Selain itu, nagari dituntut untuk bisa menggali potensi nagari agar dapat dikembangkan melalui dana nagari dan diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, seperti OPD, perantau, organisasi dan lain-lain,” kata Dr. Alfian Jamrah, M.Si yang juga Kepala Bapperlitbang Tanah Datar ini.

Wali Nagari Rambatan Edi Indra menyikapi usulan anggota BPRN untuk peningkatan kesejahteraan, dengan kata lain BPRN jangan hanya dilibatkan sekali setahun dalam Musyawarah Nagari saja, dia berjanji akan memperhatikan usulan tersebut.

“Kita akan upayakan apa yang diusulkan ini kedepan, sepanjang dana mendukung dan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, mengingat BPRN dan unsur lainnya sangat dibutuhkan sekali dalam pembangunan nagari,” ujar Edi.

Baca Juga :  Balai Bahasa Provinsi Sumbar Lakukan Revitalisasi Sastra Lisan Di Kab. Tanah Datar

Kecuali itu, Wali Nagari Edi tegaskan jika hasil dari Musjor dapat disimpulkan melalui Musnag dan berharap pada pemerintah daerah supaya usulan masyarakat nagari Rambatan dapat diakomodir, jangan hanya sebagai seremonial saja. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600