Analisis Sketsa dan Siluet Foto DarmaTani Hebat

Tanah Datar, JurnalMinang.com. “Ilmu pengetahuan tak pernah kering walaupun habis air di laut untuk tintanya dan daun di hutan untuk kertasnya.” Begitulah kata kata bijak dari para filsuf. Sebuah foto siluet dan sketsa dari para politisi yang dipajang di berbagai media turut menjadi bahan kajian ilmuan meskipun orang yang membuat foto itu sendiri belum tentu bermaksud demikian. Namun jika foto pasangan sudah dilempar ke publik tentu sudah melalui sebuah pertimbangan yang matang.

Sebuah foto siluet dan sketsa DarmaTani (yang dipakai dalam berita ini) menarik perhatian bagi seniman dan fotografer. Salah seorang seniman yang sedang naik daun M.Zikri mencoba menganalisis siluet DarmaTani. Menurutnya, kata ‘sketsa’ berasal dari bahasa Yunani yaitu scheddios extempore yang berarti “apa adanya.” Itulah wujud sketsa dan siluet yang merupakan gambar kepolosan orang atau objek yang dibuat.

Melihat sketsa pasangan ini, DarmaTani memang figur penuh kesederhanaan, tanpa banyak basa basi serta merakyat. Dari sketsa tersebut tercermin betapa kepolosan sepasang balonbup yang ingin mengabdi untuk masyarakat. Baginya, menang dan kalah bukanlah tujuan utama tetapi perhatian terhadap masyarakat Tanah Datar serta apa yang akan diperbuat untuk masyarakat adalah perioritas utama.

Lebih lanjut, Zikri menyimpulkan bahwa sketsa foto DarmaTani mencerminkan keikhlasan. “Mudah mudahan DarmaTani ini memang begitu adanya” sebut Zikri yang sudah masuk kedalam jajaran pelukis nasional karena lukisannya sudah ada yang terjual seharga Rp.150.000.000. Sedangkan karya fotografinya sudah sering menjadi bingkai google dan menjuarai berbagai perlombaan baik skala nasional maupun internasional.

Kalau ahlinya berkata begitu, tentu kita harus menerima. Namun dibalik karya sketsa bercampur siluet tentang DarmaTani tersebut tentu banyak orang hebat di sekeliling DarmaTani. Siapapun boleh menafsirkan makna siluet dan sketsa tetapi tentu harus dengan ilmunya. “Jika ada foto sketsa yang perlu dianalisis, saya siap. Tidak hanya foto DarmaTani. Karena saya buksn seorang politisi” tutup Zikri ketika diwawancarai oleh media ini. (red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600