Alek Pacu Jawi di Nagari Parambahan Dibuka Oleh Bupati Tanah Datar

Parambahan, Jurnal Minang.com. Berkat kerjasama semua pihak, alek nagari pacu jawi kembali digelar. Pembukaan Pacu Jawi di nagari Parambahan Sawah Siburiek Sawah Taluak Parambahan Kecamatan Limakaum Kabupaten Tanah Datar berjalan dengan lancar, Sabtu 9 September 2023.

Acara alek Nagari Pacu dibuka oleh Bupati Tanah Datar dalam hal ini diwakili oleh Staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Erizanur M.Si, didampingi oleh Ketua Porwi Tanah Datar Arisno DT. Andomo serta undangan lainnya.

Pacu Jawi adalah permainan anak nagari (Tradisional) dan termasuk 10 Program Unggulan Bupati Tanah Datar bidang kebudayaan. Untuk menjaga kelestariannya diperlukan kebersamaan semua pihak terkait. Lokasi kegiatan Pacu Jawi yang dilaksanakan saat ini dekat dengan akses jalan raya UIN dan Pintu Gerbang kampus dua UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Kegiatan pacu jawi yang dilaksanakan oleh Porwi Tanah Datar, dilaksanakan dengan agenda pembukaan dan dilanjutkan dengan doa dan makan bersama, kemudian baru dilaksanakan pacu jaei.
Pemenang dalam kegiatan pacu jawi ini adalah beberapa kriteria, diataranya langkah yang seirama, berlari lurus, serta kekompakan jawi.

Pembukaan alek pacu jawi ini dihadiri oleh Camat Lima Kaum Ikrar Pahlepi S, STP, Kabid Olah Raga, Mantan Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Tokoh Masyarakat Nagari Parambahan, Ninik Mamak, Alim Ulama serta undangan lainnya. (Kasdi Ray/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email