Alek Pacu Jawi 2022 di Nagari Labuah Mulai Dibuka dan Berlangsung Meriah

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Alek Nagari Pacu Jawi Nagari Labuh Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar, Abdul Hakim, SH bertempat di persawahan Sidaulu, Jorong Mandaliko, Nagari Labuah, Kecamatan Limakaum pada hari Sabtu, 05 Februari 2022.

Sebelum Alek Nagari Pacu Jawi Nagari Labuah Tahun 2022 ini dibuka, rombongan Kadis Parpora Tanah Datar didampingi oleh unsur Forkopimcam Limakaum disambut secara adat oleh unsur pemerintah Nagari Labuh diiringi dengan kesenian kreatif dari sanggar seni anak nagari Labuah.

Terlihat raut wajah bahagia dan energik dari pemuda pemudi seni kenagarian Labush yang sudah mempersiapkan diri dengan talenta terbaik mereka menyambut kedatangan rombongan.

Kemudian rombongan diantar ke lokasi pacu jawi di persawahan Sidaulu sekitar 400 meter dari badan jalan.

Lokasi acara pembukaan Alek Nagari Pacu Jawi Tahun 2022 sudah ramai dan ditata sedemikian rupa oleh panitia. Terlihat persiapan panitia yang profesional dimana sudah disiapkan petugas kesehatan berikut peralatan medis lapangan dan tenda kesehatan serta panitia secara rutin mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Disediakan juga lapak lapak dan warung kuliner khas seperti bika, kawa daun, masakan gulai gajebo, dendeng basah, sate, dan lain lain serta aneka permainan anak yang dapat mengobati kerinduan pengunjung akan suasana hiburan rakyat yang pernah vakum 2 tahunan ini.

Selain Pacu Jawi ini juga ada hiburan anak nagari berupa permainan tradisional layang layang.

Pacu Jawi ini diikuti oleh ratusan sapi pacu terbaik yang berasal dari kecamatan Lima Kaum, kecamatan Sungai Tarab, kecamatan Pariangan dan kecamatan Rambatan yang dibawa oleh pemilik sapi masing-masing.

Baca Juga :  Mahasiswa IAIN Batusangkar Adakan Lomba Tingkat Internasional

Alek Nagari Pacu Jawi Nagari Labuah Tahun 2022 ini direncanakan berlangsung selama 4 kali setiap hari Sabtu tanggal 5, 12, 19 dan 26 Februari 2022.

Walau Alek Nagari Pacu Jawi Nagari Labush Tahun 2022 ini tidak masuk dalam Kalender Event Pariwisata Kabupaten Tanah Datar Tahun 2022, akan tetapi pelaksanaannya tetap dikelola dengan baik dan dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Sedianya Alek Nagari Pacu Jawi Nagari Labuah Tahun 2022 ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar, namun karena Bupati tidak hadir, pembukaan Alek Nagari ini tetap terlaksana dengan baik dan tidak terlalu dipikirkan oleh banyak orang siapapun yang membuka acara. (MI/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600