Alek Kapalo Banda Digelar, Bupati dan Ketua DPRD Tanah Datar Ikut Hadir

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Eka Putra mungucapkan terimakasih kepada masyarakat Jorong Pincuran Tujuah Nagari Batipuh Baruah yang telah mengundang Bupati hadir dalam acara Syukuran Alek Kapalo Banda. Kalau bisa acara syukuran ini selalu diadakan agar generasi muda kita mengetahui Budaya yang sudah dilakukan oleh orang tua tua kita dahulu. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu ketika menghadiri Alek Kapalo Banda ke-113.  Mangamehi Nan Taserak Mangumpuhan Nan Tingga (Merapikan yang berserakan Mengumpulkan yang tinggal) Di SDN 09 Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar  Sumbar Sabtu (14/05).

Saya atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegitan Alek Kapalo Banda yang di lakukan masyarakat Jorong Pincuran Tujuah dengan bergotong royong.

Masih banyak potensi di Nagari yang harus diangkat kembali untuk memajukan Nagari. Sekarang Pemerintah telah meluncurkan Progul Satu Event satu Nagari, kita bisa membangkitkan kembali budaya kesenian yang ada di Nagari, sekaranglah waktunya,” Ucap Bupati Eka Putra. 

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu yang juga sebagai anak Nagari Batipuh mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan dan terimakasih juga kepada masyarakat Nagari Batipuh Baruh yang telah bergoto royong dalam melaksanakan Alek Kapalo Banda ini. 

“Pertahankan terus tradisi Alek Kapalo Banda ini karena kegiatan seperti ini sudah menjadi warisan dari orang tua kita, tradisi ini akan selalu diadakan setiap tahun secara gontog royong, masyarakat harus menjaga kekompakan dalam melakukan segala kegiatan,” ujar Rony Mulyadi. 

Ketua pelaksana C. Datuak Mudo, disambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Eka Putra dan Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dt Bungsu serta Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi yang telah hadir di Jorong Pincuran Tujuah Nagari Baripuh Baruah dalam rangka  kegiatan Alek Kapalo Banda. 

Baca Juga :  Beberapa Ketua KAN Mulai Suarakan Aspirasi, LBH Pusako Siap Dampingi

Alek Kapalo Banda ini sudah lama dilakukan turun temurun semenjak tahun 1900 sampai sekarang masih tetap dilaksakan satu tahun sekali, sebagai bentuk syukuran kepada Allah Subhana Wata’allah atas nikmat yang diberikannya. Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut karena ini sudah diwariskan orang tua kita terdahulu.

“Untuk melaksakan Alek Kapalo Banda kami setiap tahun memotong sapi dan makan bersama dengan semua unsur yang ada di Nagari, untuk anggaran kegitan Alek ini masyarakat Jorong Pincuran Tujuah bergotong royong patungan,” kata ketua Pelaksana C. Dt. Mudo. 

Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi BJ, mengatakan terimakasih kepada Bupati Eka Putra. Di tengah kesibukan, beliau sempatkan untuk hadir di acara Alek kapalo Banda Jorong Pincuran Tujuah dan terimakasih juga kepada Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu yang juga sebagai anak Nagari Batipuh Baruh. 

“Kami berharap kepada pemerintah daerah selalu membimbing kami dalam memajukan Nagari. Baik itu Pembangunan di Nagari mengenai Pertanian dan Pariwisata, agar Kampung kami tidak ketinggalan dari daerah lain,” kata Wali Nagari Batipuh Baruh Mulyadi BJ. 

Hadir saat tersebut Gubernur Sumatera Barat Yang diwakili Kadis Kebudayaan Provinsi Drs. Sayifulah, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt, Bungsu, Forkopinca, Camat Batipuah Baruah Khairunas, Wali Nagari se-Kecamatan Batipuh Baruah, Wali Nagari Mulyadi BJ, Wali Nagari, Kapolsek Batipuah Iptu Sudirman, Koramil Batipuah , Ninik mamak Gunuang Rajo, Ninik mamak Batipuah Baruah, Bundo Kanduang, KAN, BPRN, serta undangan lainnya. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600