Acara PBAK Mahasiswa Baru UIN Mahmud Yunus Batusangkar Diawali dengan Subuh Mubarak

Batusangkar, Jurnal Minang com. News&Web TV. Mengawali Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang akan diselenggarakan secara luring di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc ajak mahasiswa baru untuk mm memperkuat kesolehan pribadi dan sosial.

“Kesalehan dan ketaatan kepada Tuhan dalam menjalankan ibadah, kesungguhan menunaikan ajaran agama. Kesalehan Individu adalah hal yang menunjukkan hubungan antara kita dengan Tuhan dan Kesalehan sosial adalah hal yang menunjukkan hubungan kita dengan manusia dan sesama kita.”

Hal ini disampaikan Prof Marjoni, saat Subuh Mubarak Akbar di hadapan 1.910 orang mahasiswa baru tahun akademik 2022 dan juga seluruh keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar di auditorium kampus II, Ahad/28/08/2022.

Gerakan Subuh Mubarak bukan hanya seremonial, tetapi lahir menjadi habit (kebiasaan) mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar kedepannya, ini saya sampaikan saat launching tanggal 17 April 2022 yang lalu di Masjid Raya Lima Kaum, kegiatan Subuh Mubarak diselenggarakan setiap bulan pada tempat yang berbeda.

Kita berharap kegiatan ini merupakan wadah yang sangat penting untuk meningkatkan keimanan di setiap diri mahasiswa dan keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar, apalagi buat diri mahasiswa baru yang telah bergabung di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, ini akan menjadikan kebiasaan kita dalam mendirikan shalat subuh berjemaah.

“Semakin kuat keinginan kita, maka semakin tinggi motivasi, kemauan, semangat, dan tekad itu. Untuk itu, kita perlu mengunduh energi Ilahi melalui ibadah, untuk mengunduh energi Allah juga dapat ditambah dengan kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan seperti bersedekah dan berinfak kepada orang lain yang mengalami kesulitan secara ekonomi.”

Dalam agenda Subuh Mubarak Akbar juga dihadiri oleh wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH., MH. Sekaligus ketua Bikers Subuhan Tanah Datar. Biker Subuhan bukanlah klub motor, namun wadah bagi anak-anak muda kota Batusangkar untuk berkegiatan shalat Subuh berjamaah di Masjid yang disepakati.

Baca Juga :  Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Pimpin Sertijab Kapolresta Padang

Dengan hadirnya 1.910 orang mahasiswa baru UIN Mahmud Yunus Batusangkar di kota Batusangkar, ini akan menjadi magnet tersendiri untuk bikers subuhan Tanah Datar, dan mari kita bersama-dalam menjalankan gerakan subuh ini.

Lebih lanjut, Wabup menyampaikan, selamat dan sukses kegiatan PBAK tahun 2022 buat mahasiswa baru UIN Mahmud Yunus Batusangkar, tekadkan niat saudara untuk menggapai cita-citanya, selamat datang di Kab. Tanah Datar. (DO/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email