35 Orang Peserta Program Ekspedisi Sejarah Minangkabau Belajar ke Nagari Pariangan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sebanyak 35 orang peserta Program Ekspedisi Sejarah Indonesia khususnya sejarah Minangkabau mempelajari adat dan budaya Minangkabau di nagari Pariangan selama 3 hari. Program ini diikuti oleh perwakilan pemuda dan mahasiswa dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh staf ahli dr.Ermon Reflin di kantor Wali Nagari Pariangan, Selasa 22 Maret 2022. Acara dihadiri oleh berbagai tamu dan undangan, wali nagari Pariangan, wali jorong Pariangan, ketua dan pengurus Pokdarwis. Hadir sebagai narasumber A.Dt.Andomo, S.Ag sebagai ketua LKAAM Tanah Datar dan Irwan Malin Basa sebagai akademisi dan penggiat budaya.

“pemerintah daerah Tanah Datar sangat mendukung acara ini dan menyambut baik kedatangan pemuda dan mahasiswa dari berbagai provinsi. Selamat datang di Tanah Datar khususnya di nagari Pariangan” ujar Ermon Reflin pada sambutannya.

Sementara itu pemerintah nagari Pariangan yang disampaikan oleh Edison, SH selaku wali nagari sangat berterima kasih atas kunjungan pemuda dan mahasiswa ini. Kami akan mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini. Semoga ada ilmu pengetahuan yang bisa dibawa setelah berkunjung di nagari Pariangan ini” urai wali Nagari.

Kedua orang narasumber menjelaskan bagaimana peran pemuda serta seluk beluk adat Minangkabau. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Peserta dari provinsi lain sangat antusias mendengarkan dan banyak pertanyaan yang muncul karena ketertarikan mereka terhadap budaya Minangkabau.

Acara ini akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dan pengabdian masyarakat. Peserta dapat belajar dan merasakan langsung bagaimana hidup di tengah masyarakat Minangkabau dalam suasana kampung yang masih kental adat istiadatnya. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600