News  

111 orang Jamaah Haji Tanah Datar Berangkat Hari Ini

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sejumlah 111 orang Calon Jemaah Haji Tanah Datar, diberangkatkan pada hari ini 4/6/2022, dan sejumlah 6 orang Calon Jemaah Haji 1443 H/2022 asal Tanah Datar dinyatakan batal berangkat ke tanah suci. CJH yang batal itu menurut pihak Kemenag Tanah Datar atas berbagai alasan seperti tidak mau divaksin, usia lebih dari 65 tahun, dan satu orang meninggal dunia.

Syahrul, Kepala Kantor Kementrian Agama Tanah Datar mengatakan, 111 orang CJH yang diberangkatkan tahun 2022 ini merupakan kuota atau jatah tahun 2020. Tahun 2020, Tanah Datar mendapat jatah sebanyak 281 orang, dan yang bisa diberangkatkan hari ini hanya 111 orang.

Berdasarkan aturan dari pemerintah Arab Saudi, jamaah haji yang normalnya 2 juta orang untuk Indonesia. Sekarang yang bisa diberangkatkan satu juta, artinya dipangkas setengah yang bisa berangkat, dan hal ini karena wabah covid,” katanya lagi.

Syahrul melanjutkan, dari pemangkasan kuota itu, kemudian juga dibatasi umur atau usia keberangkatan bagi CJH kita.

Sebenarnya 116, berkurang ada 5 orang tidak bisa berangkat dengan alasan yang pertama, suami tidak bisa berangkat karena umur lebih dari 65 tahun. Dia 64, dia sudah janji setelah ijab qabul untuk se iya sekata, sehidup semati dan pergi ke Mekah harus berdua, dibuktikam mereka tidak mau berangkat sekarang. Dan ada juga yang tidak mau divaksin,” lanjutnya.

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian yang melepas secara langsung CJH ke tanah suci berpesan agar seluruh CJH untuk menjaga kesehatan. 40 hari menjalankan ibadah haji, wabup meminta CJH untuk memaksimalkan pelaksanaan ibadah.

”dalam pertemuan kita sebelumnya, sudah saya sampaikan, bahwa nanti dalam 40 hari disana fokuskan saja ke ibadah. Godaan di sekitaran lingkungan Masjidil Haram itu luar biasa, Mall yang menjual oleh- oleh banyak, tapi di Indonesia barang barang itu ada. Jangan oleh oleh yang diinggat nantinya, jadi niatkan 40 hari full untuk ibadah,” sampai Richi Aprian. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600